Publish Date: August 29, 2018
Like
  • Facebook
  • Linkedin
  • Google
Description

Excelloka adalah program pelatihan berkelanjutan untuk UMKM Indonesia yang diinisiasi oleh excellence.asia.

Tujuan dari excelloka adalah memberikan pelatihan berkualitas secara menyeluruh  untuk meningkatkan kualitas UMKM, mulai dari marketing, sales, branding, customer service, legal, administration, finance, accounting, tax, operation, dan human resources ; dengan biaya yang sangat terjangkau.

 

Dua Sisi UMKM Indonesia

Sektor UMKM mempunyai peran yang sangat strategis bagi pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Menurut data, UMKM memiliki tingkat penyerapan tenaga kerja sekitar 97% dari seluruh tenaga kerja nasional dan memiliki kontribusi terhadap Pendapatan Domestik Bruto (PDB) sekitar 57%. Jumlah UMKM pun selalu meningkat setiap tahun. Menurut data terakhir dari Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (2013), ada lebih dari 57,8 juta UMKM di Indonesia.

Kendati demikian, peningkatan UMKM dari sisi jumlah tidak diikuti dengan peningkatan kualitas dari UMKM tersebut. Hampir semua kajian terhadap UMKM yang dilakukan selama ini, termasuk yang dilakukan oleh Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) bekerja sama dengan Bank Indonesia, menunjukkan bahwa permasalahan yang dihadapi oleh UMKM adalah seputar pembiayaan dan kurangnya kemampuan Manajemen Usaha serta rendahnya kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

UMKM harus berkembang secara kualitas

Sejalan dengan visi dan misi kami, excellence.asia memiliki tanggung jawab terhadap peningkatan bisnis di Indonesia, termasuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

excellence.asia berharap dapat memberikan kontribusi terhadap perkembangan perekonomian di Indonesia melalui upaya meningkatkan kualitas UMKM dengan cara memberikan pelatihan berkesinambungan kepada para pelaku bisnis UMKM melalui program yang disebut excelLOKA.

EXCELLOKA diambil dari kata excel (percepatan) dan loka (dimensi) berarti dimensi percepatan. EXCELLOKA yang diusung excellence.asia diharapkan menjadi dimensi bagi UMKM di Indonesia untuk mempercepat pengembangan bisnisnya. Para pelaku bisnis UMKM diajak untuk mengikuti pelatihan secara berkesinambungan agar dapat mengembangkan usahanya dan mampu bersaing di perekenomian lokal, nasional, bahkan internasional. Pelatihan ini membuka peluang bagi para pengusaha di Indonesia untuk bisa membangun bisnis terkemuka.

Target dari excelLOKA adalah UMKM di Indonesia pada umumnya dan Jabodetabek pada khususnya. Setiap Workshop diharapkan dapat dihadiri oleh 50 UMKM dengan total jumlah Workshop adalah 32 buah sehingga total UMKM yang diharapkan dapat terjangkau adalah 1,500 UMKM.

BAGAIMANA KONSEP EXCELLOKA?

Dapat diikuti oleh UMKM di bidang Service, Trading, atau Manufacturing

excelLOKA ditujukan untuk UMKM yang aktif menjalankan bisnisnya. Semua calon peserta akan disaring dan dibagi menurut klasifikasi bisnisnya, yaitu ServiceTrading, atau Manufacturing.

Penilaian Kesehatan UMKM sebelum dan setelah program

Sebelum mengikuti excelLOKA, semua UMKM akan diukur tingkat kesehatan investasi-nya (SME’s Soundness) menggunakan metode yang dikembangkan oleh SBM ITB*. Lalu kemudian pengukuran akan dilakukan kembali setelah selesai mengikuti excelLOKA sehingga tingkat keberhasilannya dapat diukur dengan obyektif.

Metode yang digunakan adalah yang terbaik

excelLOKA menggunakan metode Blended Learning yang merupakan perpaduan antara Self-Paced Learning melalui media online yang terintegrasi dengan Face-to-Face Learning melalui kelas workshop.

Self-Paced Learning akan fokus kepada teori sehingga setiap peserta dapat belajar sesuai dengan kecepatan dan kebutuhan masing-masing.

Face-to-Face Learning akan fokus kepada praktek sehingga peserta dapat secara langsung mempraktekkan apa yang didapatkan dan melakukan diskusi dengan trainer maupun peserta lainnya.

Modul yang menyeluruh untuk keunggulan bisnis UMKM

excelLOKA dibagi menjadi 5 bagian besar yang disebut LOKA sesuai dengan hal-hal yang dibutuhkan oleh UMKM dalam mengembangkan bisnis, yaitu MarketingGood GovernanceFinanceOperation, serta Human Resources.

Setiap LOKA akan dibagi menjadi beberapa sub-bagian yang disebut MODUL dan masing-masing MODUL akan terdiri dari dua komponen, yaitu Self-Paced Learning melalui online dan Face-to-Face Learning melalui kelas workshop yang saling terintegrasi.

Setiap MODUL akan dilengkapi dengan To Do List sehingga peserta dapat langsung mengetahui apa yang harus dilakukan aktual dalam masing-masing bisnis.

Self-Paced Learning dalam setiap MODUL akan mulai dipublikasi setiap hari Kamis sementara workshop untuk Face-to-Face Learning akan dilaksanakan setiap hari Jumat Malam atau Sabtu Pagi sesuai dengan tanggal yang sudah ditentukan.

Bukan hanya di Jabodetabek

Untuk memperkenalkan excelLOKA di luar Jabodetabek, setiap bulan akan dilakukan excelLOKA Roadshow di 8 kota selama bulan Maret hingga November 2018. Kota yang akan dikunjungi adalah Bandung, Jogja, Semarang, Surabaya, Malang, Denpasar, Medan, dan Palembang.

SMARTER WAY TO FIND TRAINING FOR EVERY BUSINESS

Siapa excellence.asia

excellence.asia adalah marketplace platform untuk training atau pelatihan nomor 1 di Indonesia. Kami menghubungkan para trainer dengan para customer dengan cara yang sangat mudah. Misi kami untuk selalu bisa memberikan pilihan training atau pelatihan dengan harga yang terjangkau dan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan dari customer kami. Kami menyediakan trainer dengan segala latar belakang ilmu dan kompetensi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Hingga saat ini sudah ada lebih dari 800 trainer yang telah bergabung dan, menawarkan lebih dari 600+ courses dalam marketplace platform kami yang dapat diakses melalui website www.excellence.asia . 

VISI KAMI adalah untuk menciptakan ekosistem digital untuk industri pelatihan sehingga pengetahuan dapat diakses oleh semua orang.”

MISI KAMI adalah mempermudah semua bisnis maupun individu untuk menemukan pelatihan yang tepat dan trainer yang kompeten sesuai dengan kebutuhan.