• Facebook
  • Linkedin
  • Google
Maya
by on November 3, 2019
62 views

Estubizi X DailySocial.id

Sebenarnya tidak ada orang yang secara pasti memprediksikan masa depan. Namun, tiap tahunnya perusahaan pasti memiliki anggaran belanja tetap untuk strategi pemasarannya. Tidak ada strategi pemasaran yang mutlak bisa terus diterapkan tiap tahunnya. Pasalnya, harus disesuaikan dengan tren yang terjadi pada saat itu dan kemungkinan terjadi di masa depannya.

Meramal strategi apa yang bakal jadi tren sepertinya agak sulit untuk akurat. Namun demikian, seperti dikutip dari Entreprenur, ada lima strategi pemasaran yang diperkirakan akan terus terjadi di tahun depan. Berikut rangkumannya:

1. Konten yang lengkap

Content marketing terus mengalami adaptasi dan berkembang sejak 10 tahun terakhir. Tahun lalu, kita semua telah melihat terjadi lompatan sangat besar mengenai konten yang lengkap. Tidak lagi cukup memasukkan kata kunci yang kuat, link, dan meta tag yang baik.

Konten yang Anda buat harus relevan dan menarik cukup banyak orang untuk membaca lebih dari paragraf pertama. Dengan begitu banyak konten yang tersebar di luar sana, setiap isi tulisan harus persis mencerminkan dengan apa yang pembaca cari. Jika tidak, akan tenggelam di tengah serbuan konten lainnya.

2. Kampanye inovatif di media sosial

Akhir-akhir ini terjadi perubahan signifikan dalam lanskap media sosial. Di mana, mereka telah mengambil alih sebagai sumber utama pemberitaan, iklan, informasi lainnya. Penting bagi Anda untuk berinovasi dan diversifikasi dalam kampanye pemasaran, mulai dari menggunakan filter Snapchat hingga fitur Facebook Live.

Perusahaan yang dapat beradaptasi dengan lanskap perubahan media sosial dan tetap mengikuti gelombang berpotensi lebih mudah melihat ROI daripada mereka yang tidak.

3. Konten interaktif

Beberapa tahun terakhir ini telah menunjukkan ada kekuatan yang diciptakan dari strategi bersifat interaktif. Untuk perusahaan pencari laba, bisa mendapatkan keuntungan dari mempelajari cara-cara interaktif untuk menarik perhatian. Contoh yang paling mudah adalah The Ice Bucket Challenge atau The Mannequin Challenge, kedua contoh ini cukup fenomenal di media sosial karena suatu alasan tertentu.

Yakni, orang ingin terlibat dalam cerita. Jika Anda dapat menarik konsumen Anda dan membuat mereka jadi bagian sesuatu yang lebih besar, maka Anda berhasil meraih dua unsur yaitu kegembiraan dan loyalitas.

4. Berisi cerita pribadi

Strategi memang tidak baru, tapi lama kelamaan peranannya jadi makin penting. Seperti iklan banner, di mana-mana orang akan melihat dan menentukan apakah produk yang diiklankan layak dibeli. Menempatkan nama dan wajah dalam iklan Anda akan membantu konsumen jadi merasa terhubung dengan merek dan produk Anda.

Ini sangat penting dan penuh originialitas. Jika wajah dan pengalaman dimanipulasi, konsumen jadi merasa dikhianati dan komentar negatif akan terbesar dari mulut ke mulut.

5. Audience yang spesifik

Kemampuan pemasaran yang harus menjangkau banyak orang setiap harinya, perlu bagi Anda untuk lebih spesifik dari sebelumnya untuk menentukan target audience. Masalahnya, kampanye pemasaran tanpa target spesifik, justru akan membuat produk Anda jadi mudah tenggelam karena kalah saing dengan kompetitor.

Tentukan spesifik audiens, mulai dari tingkat pendidikan hingga level tertinggi, cari cara terbaik meraih kelompok tersebut untuk setiap produk dan layanan. Mungkin ini pekerjaan yang butuh banyak waktu, tapi manfaatnya akan sangat besar dibandingkan dengan ongkos yang harus keluar.

Selama setahun ke depan, hal yang paling penting untuk Anda lakukan adalah meninggalkan cara lama dan mencoba cara baru untuk berinteraksi dengan konsumen. Apakah tren berikutnya adalah virtual reality (VR), kecerdasan buatan (AI), atau pemasaran mendalam, yang terpenting memiliki kemampuan untuk turut serta dari percakapan baru akan penting bagi setiap perusahaan untuk pertumbuhan bisnisnya di tahun depan.

(Artikel ini ditulis Marsya Nabila dan telah dipublikasi DailySocial.id pada 21 Desember 2016 https://dailysocial.id/post/lima-strategi-pemasaran-tren-tahun-depan/)

Posted in: Marketing & Sales