• Facebook
  • Linkedin
  • Google
Maya
by on November 2, 2019
16 views

Estubizi X DailySocial.id

Banyak cara yang bisa dilakukan terkait dengan publikasi startup, terutama saat startup Anda baru saja dibangun dan siap untuk diluncurkan. Mulai dari membina hubungan baik dengan media dan blogger hingga penyampaian informasi yang relevan tentang startup Anda secara berkala. Menjadi lebih baik jika startup Anda mampu memberikan informasi yang terkini, akurat dan tentunya news worthy kepada media dan blogger. Untuk itu hindari penyampaian informasi yang tidak relevan, terlalu sering dan berlebihan.

Artikel berikut ini akan membahas 6 hal penting yang baiknya diterapkan saat melakukan pendekatan kepada media dan blogger. Belajar dari Conrad Egusa, Co-Founder & CEO of Publicize, yang sebelumnya pernah menjadi penulis untuk media teknologi seperti TechCrunch, VentureBeat, dan The Next Web.

Hindari penulisan email dengan subjek : FOR IMMEDIATE RELEASE

Setiap harinya media dan blogger mendapatkan email yang berisikan undangan hingga rilis dari berbagai perusahaan teknologi hingga startup. Agar email yang Anda kirimkan dapat langsung menarik perhatian buatlah email yang bersifat lebih personal dengan menonjolkan data dan informasi penting lainnya. Hindari untuk menuliskan FOR IMMEDIATE RELEASE yang akan memberikan kesan bahwa email Anda urgent dan sedikit memaksakan. Lebih baik memfokuskan pada esensi materi yang ingin disampaikan, dan menjadi focus point dari rilis tersebut.

Kreatif dan inovatif

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan riset dan cari tahu informasi yang dibutuhkan dan tentunya sesuai dengan konten dari media dan blogger tersebut. Sematkan informasi terkait dengan startup Anda yang sesuai dan diharapkan bisa menarik perhatian penulis dan editor dari media tersebut. Mulai dari hasil survei atau data terkini, consumer behaviour hingga tren yang berhasil didapatkan oleh startup. Jika dikemas dengan baik, bisa dipastikan akan menjadi bahan artikel yang menarik tentang startup Anda.

Sampaikan ketertarikan Anda dengan tulisan dari media sebelumnya

Cara lain yang bisa dilakukan untuk menarik perhatian media adalah dengan memulai untuk menyebutkan konten dari artikel yang sebelumnya pernah ditulis oleh media terkait. Kemudian masukan beberapa ide dan data yang sesuai untuk mendukung tulisan, dan pada akhirnya akan membuat startup Anda perhatian lebih dari media tersebut.

Bina hubungan baik

Hal yang satu ini sepertinya wajib untuk dilakukan yaitu untuk membina hubungan baik dengan media dan blogger. Tidak perlu berlebihan namun dengan berusaha mengingat dengan baik dan bersilahturahmi hubungan baik akan tercipta antara Anda pemilik startup dengan media dan blogger. Dengan demikian ketika waktunya Anda membutuhkan media dan blogger untuk menyebarkan informasi, semua bisa dilakukan dengan mudah berkat hubungan baik tersebut.

Hindari penambahan CC dan BCC di email

Yang perlu diperhatikan adalah saat mengirimkan undangan, rilis atau informasi lainnya kepada media, hindari penulisan CC atau BCC di email Anda. Gunakan format yang lebih sederhana agar memberikan Anda lebih profesional dan tentunya relevan. Memberikan kesan eksklusif dalam pengiriman.

Perluas networking dengan menghadiri acara publikasi

Saat ini sudah banyak kegiatan atau acara yang menghadirkan media, blogger, penggiat startup, venture capital dan pihak terkait lainnya. Hadirilah acara-acara tersebut dan gunakan kesempatan tersebut untuk memperluas networking dan tentunya berkenalan lebih jauh dengan media dan blogger. Jika startup Anda baru kegiatan tersebut bisa menjadi cara yang tepat dan tentunya lebih efisien dibandingkan dengan kegiatan pemasaran lainnya.

(Artikel ini ditulis Yenny Yusra dan telah dipublikasi DailySocial.id pada 16 November 2016 https://dailysocial.id/post/enam-cara-tepat-mempromosikan-startup-kepada-media)