• Facebook
  • Linkedin
  • Google
Maya
by on October 28, 2019
14 views

Estubizi X DailySocial.id

Saat ini mungkin startup Anda sedang mempersiapkan cara tepat untuk melakukan kegiatan promosi atau kehumasan. Cara mudah yang bisa diambil tentunya dengan memperkerjakan agensi public relation lokal hingga asing yang saat ini telah banyak membantu startup meluncurkan informasi hingga branding perusahaan.

Jika saat ini startup Anda tidak memiliki cukup dana untuk pembiayaan tenaga public relation outsource, artikel berikut ini bisa diterapkan untuk mempromosikan dan melakukan kegiatan kehumasan secara tepat.

Targetkan media yang tepat

Sebelum Anda memutuskan untuk mengirimkan press release atau mengundang media di acara jumpa pers terkait dengan informasi terkini startup Anda, menjadi hal yang bijak untuk melakukan kurasi secara internal tim dan memilih media mana yang paling relevan mendapatkan undangan dan press release dari perusahaan Anda. Dengan demikian berita serta informasi yang Anda kirimkan dapat diterbitkan bahkan digali lebih mendalam oleh media tersebut karena memang merupakan topik menarik dan sesuai dengan konten pemberitaan dari mereka.

Ciptakan konten menarik

Pemberitaan di media bukan hanya membantu startup Anda lebih dikenal secara umum namun juga cara mudah untuk mempromosikan berbagai informasi atau inovasi terkini tentang startup, namun demikian tidak semua media yang relevan tertarik untuk melakukan peliputan atau penulisan artikel terhadap startup.

Untuk bisa menarik perhatian media, cobalah buat konten yang menarik dalam press release atau rangkuman lengkap yang Anda buat secara detil terkait dengan industri atau layanan yang Anda tawarkan, misalnya dengan membuat infografik, riset atau survei yang menarik. Bisa dipastikan informasi tersebut bakal menarik perhatian media karena sarat dengan data dan informasi yang bisa dikembangkan sebagai artikel.

Jangan kirim berita yang sama (copy and paste)

Hindari kebiasaan ini jika Anda ingin menciptakan hubungan yang baik dengan media, yaitu melakukan copy/paste atau salinan yang sama kepada semua media saat mengirimkan press release di email. Perhatikan dengan benar nama media dan orang yang dituju saat hendak mengirimkan email ke media, pastikan nama tersebut sudah sesuai dengan alamat email dan nama media, dengan demikian nama baik dan kredibilitas startup Anda akan terjaga.

Kirimkan informasi yang berpotensi menjadi berita

Saat ini sudah banyak startup yang kerap mengirimkan beragam informasi secara random namun tidak cukup kuat atau berisi untuk kemudian diolah menjadi berita. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan informasi yang Anda kirimkan kepada media mengandung data atau poin yang sarat dengan berita. Lakukan pendekatan dengan memberikan informasi yang relevan dan hasil yang nyata oleh startup Anda, dengan demikian informasi tersebut bisa dikembangkan menjadi berita yang potensial oleh media.

Gunakan Twitter untuk perkenalan

Untuk bisa mengenal lebih jauh karakter dan kriteria pemberitaan yang dicari oleh media, coba ikuti akun Twitter media tersebut dan cermati konten yang dibuat oleh mereka. Jika di antara konten tersebut terdapat berita yang berkaitan dengan Anda, tawarkan informasi lebih dan mendalam kepada media untuk membuat liputan eksklusif.

Sertai data dan statistik

Pastikan informasi atau berita yang akan Anda kirimkan sarat dengan data dan statistik yang relevan dengan startup Anda. Tuliskan data tersebut sebagai headline atau judul yang kemungkinan besar bisa langsung menarik perhatian media untuk kemudian membaca dan menggali lebih dalam informasi yang dikirimkan. Berikut contoh penempatan data dan statistik yang tepat dalam informasi atau berita.

“We just launched our brand new mobile phone cyber-security app to protect the images on your smartphone.”

“Our new mobile phone cyber-security app received 2,345,335 downloads in just four days.”

“We are finally ready to bring our product to market after a successful crowdfunding effort.”

“We are bringing our product to market after raising $2.4 million — a very successful crowdfunding effort, which was 980 percent of our initial goal.”

Hindari terlalu banyak penulisan di rilis pers

Selama ini press release merupakan platform yang paling ideal untuk mengumumkan informasi terkini terkait dengan startup, namun demikian yang perlu diperhatikan adalah, hindari terlalu banyak penulisan yang tidak relevan dan upayakan langsung untuk mengarahkan press release kepada informasi utama yang ingin disampaikan. Hal ini penting dilakukan agar press release bisa tampil lebih menarik dibandingkan dengan press release email atau informasi lainnya yang juga dikirimkan oleh startup ke media.

(Artikel ini ditulis Yenny Yusra dan telah dipublikasi DailySocial.id pada 10 Agustus 2016 https://dailysocial.id/post/tujuh-cara-tepat-melakukan-kegiatan-kehumasan-startup)