• Facebook
  • Linkedin
  • Google
Maya
by on December 2, 2022
33 views

Estubizi x Startup Studio Indonesia

Semua orang menyadari bahwa dalam menjalani sebuah bisnis atau usaha pasti ada peluang untuk mengalami kerugian. Namun, kerugian saat berbisnis dapat diminimalisir dengan risk management atau manajemen risiko yang tepat. Lalu, jenis risiko apa saja yang bisa ditangani oleh risk management? Cari tahu ulasan selengkapnya berikut ini.

Pengertian Risk Management

Secara sederhana, risk management atau manajemen risiko adalah bentuk penerapan berbagai kebijakan dan prosedur untuk meminimalkan kemungkinan risiko yang bisa terjadi pada sebuah perusahaan.

Di dalam risk management, terdapat berbagai komponen yang biasanya digunakan oleh seorang risk manager untuk meminimalisir risiko. Komponen tersebut mulai dari identifikasi, perencanaan, strategi, tindakan, pengawasan, dan juga evaluasi. Itu sebabnya, manajemen risiko ini memiliki peran penting dalam sebuah perusahaan, termasuk perusahaan startup.

Selain itu, manajemen risiko juga bisa digunakan untuk memberikan model risiko yang melibatkan pasar, kredit, dan operasional.

Berbagai Macam Bentuk Risiko

Berikut macam-macam bentuk risiko yang harus pebisnis dan pengusaha ketahui.

1. Risiko geografis

Risiko yang pertama ini erat kaitannya dengan lokasi tempat usaha atau bisnis dijalankan. Biasanya, seorang risk manager akan menilai apakah lokasi tersebut rentan untuk mengalami bencana alam, seperti banjir, gempa bumi, tanah longsor, dan bencana alam lainnya.

Jika diketahui terdapat kemungkinan untuk mengalami bencana alam, seorang risk manager akan melakukan mitigasi bencana, simulasi, serta mengasuransikan aset yang ada guna meminimalkan kerugian akibat hal tersebut.

2. Risiko politik

Tak bisa dielakkan, kebijakan politik suatu negara juga berpengaruh terhadap kegiatan bisnis dan usaha. Di sinilah seorang risk manager akan menganalisis kestabilan politik suatu negara atau daerah, mulai dari konflik yang sedang terjadi, kebijakan yang dijalankan, dan lain sebagainya yang bisa memengaruhi jalannya kegiatan usaha atau bisnis.

3. Risiko bisnis

Jenis risiko ini umumnya muncul dari operasional perusahaan. Dengan adanya risk management, risiko ini akan diatasi dengan berbagai cara, mulai dari pelaksanaan K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja), pengawasan capital budgeting, pelatihan SDM (sumber daya manusia), dan lain sebagainya.

4. Risiko ketidakpastian ekonomi

Jenis risiko lainnya yang bisa mengancam keberlangsungan suatu usaha atau bisnis adalah ketidakpastian ekonomi. Risiko ini akan menimbulkan berbagai spekulasi-spekulasi yang dapat memengaruhi usaha atau bisnis yang sedang berjalan.

Risiko ketidakpastian ekonomi meliputi terjadinya inflasi, terjadinya gelembung ekonomi (bubble economy), ketidakstabilan nilai mata uang negara, pertumbuhan ekonomi yang terganggu, pengangguran, dan masalah ekonomi makro lainnya.

5. Risiko persaingan

Jenis risiko ini hadir dari kerasnya persaingan dalam dunia bisnis dan usaha. Untuk menghindari risiko persaingan, dibutuhkan tim advokasi bisnis dan strategi pemasaran yang bisa digunakan sebagai antisipasi dari gerakan kompetitor.

Ragam Manfaat Risk Management

Tahapan dalam manajemen risiko yang panjang dan berkelanjutan dapat melindungi usaha atau bisnis Anda dari berbagai masalah yang merugikan. Oleh karena itu, peran risk management dalam sebuah perusahaan ataupun bisnis begitu penting.

Berikut beragam manfaat risk management dalam usaha dan bisnis yang harus Anda ketahui.

  • Menjaga kepercayaan semua pihak (stakeholder) terkait
  • Meningkatkan keuntungan perusahaan
  • Meningkatkan kinerja perusahaan
  • Menjamin pencapaian tujuan perusahaan
  • Membantu perusahaan membuat kerangka kerja
  • Membantu mendorong manajemen agar lebih proaktif dalam mengurangi potensi risiko
  • Meminimalisir kemungkinan perusahaan bangrut atau pailit 
  • Menghindari pelanggaran-pelanggaran hukum
  • Membantu perusahaan dalam mengembangkan usaha setingkat lebih tinggi

Melihat betapa pentingnya peran manajemen risiko (risk management) dalam sebuah perusahaan, sudah sepantasnya Anda mulai menggunakan jasa profesi tersebut untuk meminimalkan risiko yang bisa mengancam keberlangsungan kegiatan bisnis Anda.

(Artikel ini dipublikasi Startup Studio Indonesia pada 3 November 2022 melalui https://startupstudio.id/kenali-5-bentuk-risiko-usaha-melalui-risk-management/)

Like (2)
Loading...
2