• Facebook
  • Linkedin
  • Google
Maya
by on November 24, 2022
12 views

Estubizi X Startup Studio Indonesia

Membangun brand building adalah hal penting dalam sebuah bisnis karena bisa membuat konsumen menjadi loyal dan menciptakan awareness di pasar. Mari kenali lebih jauh mengenai apa itu brand building dan bagaimana caranya membangun brand building untuk mengembangkan bisnis, terlebih untuk bisnis yang baru tumbuh.

Apa itu Brand Building?

Brand building sejatinya tidak memiliki definisi khusus. Namun, bagi para pebisnis atau pengusaha, brand building adalah strategi atau upaya yang dilakukan untuk menciptakan kesadaran merek (awareness) pada sebuah produk atau layanan.

Definisi tersebut membuat brand building sering dianggap sebagai strategi pemasaran, padahal keduanya berbeda meskipun saling berhubungan satu sama lain.

Pada strategi pemasaran, marketing akan berusaha agar konsumen mau terlibat dan menggunakan produk yang dijual. Sementara itu, brand building akan berupaya untuk mendekatkan konsumen dengan brand atau merek yang dijual.

Pentingnya Brand Building pada Bisnis yang Baru Tumbuh

Pada bisnis yang baru tumbuh, penerapan brand building berguna untuk menciptakan identitas pada produk atau layanan yang dibuat sehingga dapat membedakan dengan kompetitor yang di pasar.

Selain itu, ada beberapa hal yang membuat brand building penting diterapkan dalam bisnis yang baru tumbuh:

1. Membangun identitas perusahaan

Pada bisnis atau usaha yang baru dirintis, brand building berguna untuk membangun identitas perusahaan. Brand yang dibangun dengan baik secara tidak langsung akan membangun identitas perusahaan yang baik pula.

Jadi, pastikan Anda memikirkan dan menciptakan brand sebaik mungkin agar memberikan dampak baik pada bisnis atau usaha yang sedang dijalankan.

2. Menentukan target pasar

Brand building juga berperan dalam menentukan target pasar. Saat menentukan target pasar ini, pastikan Anda fokus pada satu kelompok yang jelas, misalnya kelompok usia tertentu, jenis kelamin tertentu, profesi, dan lain sebagainya. Tujuannya tidak lain adalah agar merek Anda lebih mudah dikenal oleh target pasar tersebut.

Jika produk atau layanan sudah dikenal oleh konsumen, peluang Anda untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal akan semakin besar.

3. Menciptakan customer loyalty

Fungsi brand building selanjutnya adalah menciptakan customer loyalty. Loyalitas konsumen bisa tercipta dari promosi yang dilakukan secara terus-menerus melalui berbagai platform, seperti baliho, radio, TV, dan sosial media.

Untuk lebih menarik perhatian konsumen, pastikan promosi yang dilakukan dibuat semenarik mungkin dan berbeda dengan para kompetitor yang ada.

4. Menarik investor

Fungsi brand building yang tidak kalah penting adalah dapat menarik minat investor. Jika brand building yang Anda susun baik serta memiliki peluang untuk tumbuh di setiap target pasar, maka kesempatan untuk mendapatkan pendanaan dari para investor akan semakin terbuka lebar.

5. Menyaingi kompetitor

Kehadiran kompetitor akan semakin meningkatkan daya saing produk atau layanan yang Anda buat. Untuk memenangkan persaingan, brand building bisa menjadi solusi yang tepat. Pasalnya, brand building bisa menjadi pembeda yang bisa menyaingi para kompetitor yang ada.

Contoh sederhananya adalah jika kompetitor Anda melakukan branding melalui media sosial, maka Anda bisa menggunakan brand building untuk menciptakan promosi yang lebih menarik dan berbeda sehingga pesan yang disampaikan kepada konsumsi dapat lebih efektif.

Langkah-Langkah Membangun Brand Building yang Efektif

Perlu diingat, membangun merek adalah aktivitas yang konsisten dan memakan waktu. Selain itu, dibutuhkan kreativitas dan penyesuaian yang akan membantu Anda dalam menciptakan proporsi nilai dan memberikan pengalaman yang lebih baik untuk konsumen.

Berikut adalah langkah-langkah membangun brand building yang efektif:

  • Menentukan visi dan misi brand
  • Menentukan target pasar
  • Membuat nilai manfaat produk atau layanan
  • Menyusun pedoman brand
  • Menyusun strategi pemasaran
  • Melakukan analisis kepada para kompetitor

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, merek Anda akan terbangun dengan baik sehingga memberikan dampak positif bagi bisnis atau usaha yang dijalankan secara menyeluruh.

(Artikel ini dipublikasi Startup Studio Indonesia pada 3 November 2022 melalui https://startupstudio.id/pentingnya-brand-building-bagi-bisnis-yang-baru-tumbuh/)

Be the first person to like this.