• Facebook
  • Linkedin
  • Google
Maya
by on November 23, 2022
13 views

Estubizi X ToffeeDev

Seberapa pentingnya visi misi bagi perusahaan? Memiliki visi serta misi merupakan syarat wajib yang harus dimiliki oleh sebuah perusahaan. Keduanya mampu membantu perusahaan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Sehingga, ketika merumuskannya pun harus melalui pertimbangan dan pemikiran yang matang.

Ingin mengetahui lebih tentang visi dan misi perusahaan? Berikut ini ulasan mengenai pengertian secara lengkapnya, perbedaan di antara keduanya dan bagaimana cara untuk membuatnya. Simak terus artikel ToffeeDev ini!

Pentingnya Visi Misi Bagi Perusahaan

Tanpa adanya visi dan misi tentunya perusahaan tidak akan bisa mencapai tujuan yang diimpikan. Supaya lebih memudahkan Anda untuk memahaminya, maka simak contoh berikut.

Ketika Anda ingin mendirikan perusahaan, sebenarnya sama halnya dengan memulai perjalanan. Tentunya sebelum memulai perjalanan tersebut, Anda harus menentukan terlebih dahulu tempat yang ingin dikunjungi. Jika tidak, sudah jelas akan sulit untuk beranjak ke mana-mana.

Lalu, tak kalah pentingnya dengan visi, misi perusahaan diperlukan juga dalam perjalanan perusahaan. Jika perusahaan tidak sama sekali memiliki misi, maka keadaannya akan sama dengan seseorang yang sudah memiliki tempat yang ingin dikunjungi. Sudah tahu ingin ke mana namun tidak tahu langkah yang harus diambil untuk bisa sampai ke tempat tersebut.

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa visi dan misi perusahaan saling memiliki keterikatan satu sama lain untuk dapat mengantarkan perusahaan ke tujuan yang hendak dicapai.

Perbedaan Visi dan Misi

Visi perusahaan merupakan pernyataan yang berisikan cita-cita, nilai, hingga masa depan yang ingin dimiliki oleh perusahaan. Sementara misi perusahaan merupakan bagaimana cara perusahaan untuk mencapai visi yang sudah ditentukan tersebut. Pada dasarnya, visi dan misi saling memiliki keterkaitan dan terhubung satu sama lain. Namun sebenarnya juga terdapat beberapa perbedaan yang perlu Anda ketahui.

Perbedaan pertama ialah soal jangka waktu yang dimiliki antara keduanya. Visi merupakan pandangan atau cita-cita untuk jangka waktu yang panjang. Sedangkan, misi hanya diperlukan untuk masa sekarang. 

Perbedaan lainnya adalah visi lebih bersifat permanen, yang artinya ketika visi sudah ditetapkan maka tidak dapat diubah kembali. Lain halnya dengan misi yang memiliki sifat fleksibel dan bisa diubah dengan menyesuaikan kebutuhan hingga kondisi dari perusahaan.

6 Cara Membuat Visi Misi Bagi Perusahaan 

Untuk membuat visi misi perusahan, terdapat beberapa langkah yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu yakni meliputi : 

1. Tentukan Tujuan Perusahaan

Langkah pertama dalam membuat visi misi perusahaan ialah tentukan terlebih dahulu apa yang menjadi tujuan dari perusahaan. Anda dapat menentukannya mulai dari alasan di balik berdirinya perusahaan, keuntungan yang ingin didapat, hingga ruang lingkup perusahaan. 

Untuk lebih mempermudahnya lagi, Anda bisa dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut : 

  • Tujuan : Mengapa perusahaan Anda perlu ada?
  • Keuntungan : Bagaimana perusahaan milik Anda dapat melakukan sesuatu dengan cara yang berbeda? 
  • Ruang lingkup : Hal apa saja yang perlu dan sebaiknya jangan dilakukan untuk mencapai tujuan dari perusahaan?

2. Pertimbangkan Nilai-Nilai Perusahaan

Setelah membuat tujuan dari perusahaan Anda berdiri, maka selanjutnya adalah mempertimbangkan serangkaian nilai-nilai yang seharusnya dimiliki oleh perusahaan. Sebab, pada hakikatnya setiap perusahaan memang diwajibkan untuk memiliki nilai-nilai yang mampu menggambarkan citra dari produk yang akan dipasarkan ke masyarakat. 

3. Jelaskan Cara Perusahaan Beroperasi

Sebuah perusahaan sengaja didirikan pasti diikuti juga dengan tujuan yang ingin dicapai. Nah, maka dari itu cara membuat visi misi berikutnya ialah menjelaskan bagaimana perusahaan Anda dapat bekerja atau beroperasi untuk mencapai tujuan tersebut. Hal ini juga nantinya akan sejalan dengan nilai-nilai perusahaan yang telah ditentukan.

4. Berorientasi ke Masa Depan

Sudah pasti Anda mendirikan perusahaan bukan hanya untuk waktu yang singkat saja, melainkan ingin sanggup menjalankannya dalam jangka waktu yang panjang. Oleh karena itu, Anda harus mempertimbangkan bagaimana visi misi perusahaan dapat terus berjalan seiring waktu. Hal ini akan menjadi pedoman untuk penggambaran perusahaan pada masa yang akan datang.

5. Sederhana dan Jelas

Jangan melupakan satu hal ini di saat Anda hendak membuat visi misi perusahaan, yaitu pastikan pesan yang terkandung dapat tersampaikan secara optimal. Bagaimana caranya? Usahakan untuk menggunakan pemilihan kata yang mudah dipahami, baik oleh seluruh anggota perusahaan maupun khalayak masyarakat. Hindari juga penggunaan kata-kata yang mengandung makna ganda atau ambigu, karena nantinya hal tersebut akan menimbulkan kebingungan.

6. Implementasikan Visi Misi dalam Kegiatan Operasional

Cara membuat visi misi yang terakhir adalah usahakan untuk selalu mengimplementasikan ke dalam setiap kegiatan operasional yang dilakukan oleh perusahaan. Selain itu sertakan juga melalui rencana bisnis yang perusahaan buat atau bahkan bagikan visi misi tersebut kepada target pelanggan perusahaan.

3 Contoh Visi Misi Perusahaan

Berikut ini beberapa contoh visi misi yang dimiliki oleh perusahaan terkenal di dunia, untuk memberikan Anda sedikit gambaran tentang bagaimana pengaplikasian cara membuat visi misi yang sudah disebutkan di atas tadi : 

1. IKEA

Visi : Our vision is to create a better everyday life for many people.

Misi : To create a better everyday life for many people. Our business idea supports this vision by offering a wide range of well-designed, functional home furnishing products at prices so low that as many people as possible will be able to afford them.

Perusahaan ritel perabot rumah tangga dan furnitur kantor asal Swedia yang cukup terkenal di dunia ini juga telah membuka gerainya di Indonesia sekitar 8 tahun yang lalu. Sebagai perusahaan yang menjual segala peralatan rumah tangga, maka IKEA memiliki visi untuk “Menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi banyak orang”

Lalu, visi tersebut tentunya didukung dengan misi yang dimiliki mereka yakni “Menawarkan berbagai macam produk perabot rumah tangga fungsional yang dirancang sedemikian rupa dengan harga yang sangat rendah sehingga memungkinkan banyak orang mampu membelinya”

2. Google

Visi : To provide access to the world’s information in one click.

Misi : Our mission is to organize the world’s information and make it universally accessible and useful.

Perusahaan mesin pencarian satu ini juga memiliki visi misi yang juga sangat jelas. Mereka menginginkan perusahaannya mampu menyediakan segala informasi yang mudah untuk diakses bagi semua orang.

3. Apple

Visi : We believe that we are on the face of the earth to make great products and that’s not changing.

Misi : To bring the best user experience to its customers through its innovative hardware, software and services.

Tentunya sudah banyak dari kita yang mengetahui perusahaan satu ini, atau bahkan juga turut menggunakan perangkatnya. Apple berkomitmen lewat visi dan misi yang dimilikinya untuk menghadirkan pengalaman pengguna terbaik kepada pelanggannya melalui perangkat keras, perangkat lunak, dan layanan inovatifnya.

Demikian penjelasan tentang visi misi perusahaan, perbedaan, cara membuat, dan juga beberapa contoh dari perusahaan ternama di dunia yang bisa Anda jadikan acuan.

Dalam menjalankan bisnis perusahaan tentunya juga tidak mudah, banyak proses dan cara yang perlu dilakukan. Terlebih lagi di era saat ini yang sudah mengharuskan kita untuk beralih ke online dengan turut mengandalkan teknologi. Maka, langkah untuk mengembangkan bisnis perusahaan juga telah berubah. Seperti melakukan pembuatan homepage website, iklan di sosial media dan sebagainya agar mampu mendatangkan banyak pelanggan.

(Artikel ini ditulis oleh Clarin Tasim dan dipublikasi ToffeeDev pada 22 November 2022 melalui https://toffeedev.com/blog/pentingnya-visi-misi-bagi-perusahaan-adalah/)

Posted in: Entrepreneurship
Be the first person to like this.