• Facebook
  • Linkedin
  • Google
Maya
by on August 10, 2022
55 views

Estubizi x Jurnal.id

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda gunakan dalam membangun strategi manajemen keuangan yang akan dijelaskan oleh Blog Mekari Jurnal.

Manajemen keuangan menjadi salah satu tanggung jawab paling penting dari pemilik dan manajer perusahaan.

Mereka harus mempertimbangkan berbagai konsekuensi dari keputusan manajemen mereka terhadap laba, arus kas, dan pada keseluruhan kondisi keuangan perusahaan seperti yang tertera pada laporan keuangan perusahaan.

Hal ini dikarenakan kegiatan dari setiap aspek bisnis berdampak pada kinerja keuangan perusahaan.

Aktivitas manajemen keuangan harus dievaluasi dan dikendalikan secara rutin oleh pemilik dan manajer perusahaan agar tujuan manajemen keuangan itu sendiri bisa tercapai.

Data dari manajemen keuangan menampilkan ringkasan statistik kepada pemilik dan manajer dengan tujuan untuk menilai efektivitas dan efisiensi perusahaan mereka.

Banyak bisnis menggunakan alat atau software keuangan yang memungkinkan pemilik dan manajer mengakses dan menggunakan teknik manajemen yang telah teruji untuk meningkatkan kegiatan operasional perusahaan mereka.

4 Cara Membangun Strategi Manajemen Keuangan

1. Temukan Sumber Pendanaan yang Tepat

Memulai sebuah bisnis ataupun perusahaan seringkali membutuhkan sumber pendanaan untuk tujuan pembiayaan aktivitas operasional bisnis.

Tujuan manajemen keuangan bisnis adalah memungkinkan pemilik atau manajer untuk memperkirakan biaya awal yang harus disiapkan di periode pertama bisnis dibangun.

Banyak pemilik menggunakan rencana bisnis untuk menjabarkan segala pengeluaran bisnis.

Sedangkan Manajemen keuangan menyediakan perhitungan untuk mendapatkan pembiayaan awal.

Pemilik dapat membawa laporan manajemen keuangan tersebut ke bank atau kreditur untuk mendapatkan pinjaman yang dibutuhkan.

2. Buat Laporan Penganggaran

Anggaran bisa menjadi salah satu alat mencapai tujuan manajemen keuangan dalam dunia bisnis.

Pemilik bisnis atau perusahaan menggunakan anggaran untuk membuat “peta jalan” yang menjabarkan berbagai pengeluaran di masa depan.

Perusahaan manufaktur dan produksi menggunakan anggaran untuk melacak biaya tetap, variabel, maupun overhead dari proses produksinya.

Hal tersebut dapat menunjukkan apakah perusahaan menghabiskan lebih banyak atau lebih sedikit kas untuk produksi.

Manajemen keuangan bisnis memungkinkan pemilik dan manajer untuk menilai biaya-biaya tersebut dan menentukan apakah itu menguntungkan atau malah merugikan.

3. Mengelola Struktur Modal

Perusahaan mapan menggunakan teknik manajemen keuangan untuk mengelola dan menciptakan struktur modal.

Struktur modal adalah jumlah proporsi penggunaan utang dan pembiayaan ekuitas yang dimiliki bisnis atau perusahaan.

Pemilik atau manajer bisnis biasanya menggunakan hasil dari keputusan manajemen keuangan untuk membayar ekspansi operasi atau mendapatkan peluang baru.

Daripada menghabiskan seluruh modal kerja hanya untuk membiayai ekspansi, manajer akan memilih untuk mendapatkan pembiayaan eksternal.

Manajer juga biasanya lebih suka membatasi jumlah utang dalam bisnis mereka.

Tingkat utang yang tinggi akan meningkatkan arus kas keluar untuk pembayaran pokok dan bunganya dan meningkatkan berbagai risiko yang salah satunya adalah gagal dalam melunasi pokok dan bunga utang yang dipinjam.

4. Manajemen Performa

Analisis keuangan merupakan salah satu dari komponen manajemen keuangan.

Ini memungkinkan pemilik bisnis menggunakan metode kuantitatif untuk mengukur kinerja perusahaan.

Formula dan rasio keuangan bisnis membantu pemilik dan manajer mengukur arus kas masuk, laba atas investasi, dan jumlah waktu yang diperlukan untuk mendapatkan kembali modal yang dihabiskan.

Pada umumnya rasio keuangan perusahaan yang dihitung dapat dikelompokkan menjadi enam jenis yaitu:

  • Rasio Likuiditas adalah rasio yang ini untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban finansial jangka pendek.
  • Rasio Penilaian adalah rasio yang merupakan ukuran prestasi perusahaan yang paling lengkap.
  • Rasio Leverage adalah rasio yang digunakan untuk mengukur seberapa banyak dana yang disupply oleh pemilik perusahaan.
  • Rasio Aktivitas adalah rasio yang digunakan untuk mengukur efektivitas manajemen dalam menggunakan sumber dayanya.
  • Rasio Pertumbuhan adalah rasio yang digunakan untuk mengukur seberapa baik perusahaan mempertahankan posisi ekonominya.
  • Rasio Profitabilitas adalah rasio yang digunakan untuk mengukur efektivitas manajemen yang dilihat dari laba yang dihasilkan terhadap penjualan dan investasi perusahaan.

Pemilik dan manajer juga dapat membuat tolok ukur untuk mengukur kinerja masa lalu dan dibandingkan dengan kinerja perusahaan di masa sekarang.

Sehingga tujuan manajemen keuangan adalah untuk meningkatkan performa perusahaan dan memantapkan strategi manajemen keuangan perusahaan.

Manajemen keuangan adalah keterampilan penting dari setiap pemilik atau manajer bisnis atau perusahaan.

Setiap keputusan yang dibuat pemilik memiliki dampak finansial pada perusahaan, dan ia harus membuat keputusan ini dalam konteks aktivitas operasional perusahaan secara total sehingga tujuan manajemen keuangan bisa benar-benar terealisasi.

Untuk membantu membuat keputusan manajemen keuangan tercapai, pemilik atau manajer haruslah menyediakan berbagai laporan yang salah satunya adalah Laporan Anggaran.

Dengan bantuan software akuntansi Jurnal, laporan anggaran dan laporan keuangan bisa Anda buat dan kelola secara mudah dan instan. Jurnal adalah Software Akuntansi yang menyediakan fitur akuntansi lengkap.

Dari pencatatan transaksi bisnis hingga penyediaan laporan keuangan disediakan oleh aplikasi inventory milik Jurnal.

Perencanaan keuangan sistematis perusahaan yang dimuat dalam laporan anggaran tentunya juga terdapat di Jurnal dengan melihat guidebook ini.

Pelajari juga bagaimana aplikasi faktur penjualan dapat membantu Anda dalam melakukan pencatatan faktur penjualan.

 

(Artikel ini ditulis Karunia Saputra Hidayat dan telah dipublikasi Jurnal.id pada 8 Agustus 2021 melalui https://www.jurnal.id/id/blog/mengenali-manfaat-dan-tujuan-manajemen-keuangan/)

Be the first person to like this.