• Facebook
  • Linkedin
  • Google
Lucky Esa
by on June 21, 2022
24 views

Ketika memulai sebagai founder startup atau pengusaha atau inovator perusahaan. Maka anda mutlak kudu menemukan proposisi nilai dan model bisnis yang sukses.

Meskipun ini harus menjadi fokus, perusahaan kudu mulai berpikir lebih dari sekadar proposisi nilai awal dan model bisnis. Kudu melihat apa yang akan terjadi selanjutnya. Ini bahkan lebih penting jika keunggulan kompetitif Anda didasarkan pada produk atau teknologi baru. Yah karena produk dan teknologi semakin mudah untuk ditiru.

Jika persaingan begitu ketatnya, produk dan teknologi semakin mudah ditiru, lalu apa yang harus Anda lakukan?

Jawabannya adalah: fokus pada model bisnis Anda. Itulah hal besar yang perlu dipertimbangkan oleh para pengusaha, founder startup dan inovator perusahaan.

Jika sejak awal bertanyalah pada diri sendiri, "Bagaimana saya bisa membangun model bisnis yang lebih baik?", niscaya anda akan memiliki keleluasaan untuk terus berkembang.

Sangat sedikit startup/rintisan yang secara naluri memikirkan model bisnis mereka sejak awal. Sebaliknya, mereka fokus pada ide-ide mereka untuk produk dan layanan baru.

Padahal anda hanya dapat mengkomersialkan produk dengan model bisnis yang tepat, dan sejak awal harus melihat jauh ke masa depan. 

Netflix  ketika mulai sudah memiliki visi tentang apa yang mereka inginkan dan lakukan: Streaming film dan acara TV. Satu-satunya masalah adalah pelanggan belum siap menerima model bisnis tsb. Netflix tidak membiarkan hal itu menghentikan mereka. Memulai dengan cara menyewakan DVD melalui amplop. Dan ini berhasil dengan sangat baik sehingga mereka berhasil mendisrupsi seluruh industri. Tidak hanya itu, sudah tahu apa yang akan mereka pindahkan ke streaming. Kuncinya adalah mereka melakukannya satu per satu, dengan mengetahui apa yang akan mereka lakukan selanjutnya dari awal.
Ini menunjukkan bahwa usaha rintisan harus memiliki visi masa depan. Perlu membangun sesuatu yang benar-benar dapat berkembang dalam jangka pendek, dan kudu tahu ke mana arah Anda ingin mencapainya dalam jangka menengah hingga panjang.

Awali dengan mendapatkan satu proposisi nilai dan model bisnis yang benar. 

mari terus belajar dan bereksperimen!
https://www.estubizi.com/program-event/founder-program

Like (1)
Loading...
1