• Facebook
  • Linkedin
  • Google
Maya
by on November 24, 2021
24 views

Estubizi x Katadata

Program akselerator Grab Ventures Velocity Batch 4 x Sembrani Wira dari BRI Ventures meluluskan enam startup Indonesia. Namun hanya tiga yang meraih pendanaan.

Program akselerator Grab Ventures Velocity (GVV) Batch 4 x Sembrani Wira dari BRI Ventures meluluskan enam startup Indonesia yaitu Cooklab, Crewdible, Dagangan, iSeller, majoo, dan Octopus. Namun hanya tiga di antaranya yang meraih pendanaan.

Ketiganya yakni iSeller, majoo, dan Dagangan. iSeller bergerak di bidang penjualan omni-channel. Dagangan merupakan social commerce dan majoo menyediakan kasir online.

iSeller meraih pendanaan seri B. Dagangan seri A dan majoo pra seri A. 

Keenam startup yang lolos itu merampungkan 16 minggu pelatihan dan bimbingan dari mentor. Program akselerasi ini merupakan kerja sama antara Grab bersama BRI Ventures, yang bertajuk ‘Scaling Up Together: Empowering Startup, Supporting Micro Entrepreneurs’.

“Program GVV Batch 4 x Sembrani Wira menjadi salah satu contoh dukungan dari ekosistem startup Indonesia untuk melahirkan startup berprestasi,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G Plate dalam keterangan pers, Rabu (24/11).

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Teten Masduki menambahkan, startup teknologi banyak mengakselerasi perkembangan UMKM secara digital. Perusahaan rintisan dinilai dapat menjadi katalis maupun agregator bagi UMKM untuk naik kelas. 

Apalagi pemerintah menargetkan 30 juta UMKM digital hingga 2024. “Kehadiran startup berprestasi yang berkontribusi bagi UMKM, diharapkan bisa mendukung terwujudnya komitmen ini,” kata dia.

Para finalis melakukan uji coba produk dan ide bisnis dengan berkolaborasi dalam ekosistem Grab, mulai dari GrabKitchen, GrabFood, GrabMart hingga GrabExpress. Mereka juga mengikuti Impact Day, presentasi dan perkenalan ide bisnis kepada venture capital, serta sharing session dengan Co-Founder sekaligus CEO Grab Group Anthony Tan. 

Setelah lulus, keenam startup tersebut memperoleh kesempatan untuk terus melanjutkan kolaborasi dengan layanan Grab, salah satunya menyediakan layanan di Solusi Mitra GrabMerchant.

“Keenam lulusan batch 4 menunjukkan pertumbuhan signifikan dalam kontribusi untuk UMKM di Indonesia. Mereka melalui program uji coba di ekosistem Grab dan akan terus melanjutkan kolaborasi dengan kami,” kata Country Managing Director of Grab Indonesia Neneng Goenadi.

CEO BRI Ventures Nicko Widjaja menambahkan, keenam finalis merupakan startup pilihan yang memiliki potensi besar di industri masing-masing dan berdampak positif terhadap pertumbuhan UMKM nasional.

“Kemampuan para startup ini untuk terus mengembangkan dan menyempurnakan produk-produk inovatif yang dibutuhkan UMKM patut diacungi jempol,” kata Nicko.

 

(Artikel ini ditulis Desy Setyowati dan telah dipublikasi Katadata.co.id pada 24 November 2021 melalui  https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/619decb565c66/3-startup-raih-pendanaan-dari-program-akselerasi-grab-dan-bri-ventures
 

Like (1)
Loading...
1