• Facebook
  • Linkedin
  • Google
Maya
by on October 14, 2019
169 views

Estubizi X DailySocial.id

Kualitas apa yang harus Anda punya untuk bisa jadi entrepreneur sukses? Jawabannya bisa beragam dan menimbulkan debat panjang. Kali ini paling tidak ada tiga karakter yang harus dipunyai seorang entrepreneur versi Dan Martell. Dan adalah  CEO dan Founder Clarity, Co-Founder Flowtown, Founder Spheric Tech, mentor 500 Startups, sekaligus investor di lebih dari 30 startup. Menurut Dan, tiga poin di bawah ini adalah hasil pengamatannya saat berkecimpung di dunia startup selama lebih dari 15 tahun.

1. Passion yang sangat kuat

“Banyak orang bilang bahwa Anda harus punya passion untuk pekerjaan atau ide Anda. Bahkan ayah saya pernah bilang, jika saya bisa menemukan sesuatu yang tidak akan membawa masalah buat saya dan saya punya passion terhadap hal itu, maka saya bisa membuat banyak hal hebat untuk dunia ini. Ternyata mereka benar! Ketika saya menemukan passion di dunia teknologi dan menulis kode, hidup saya berubah,” kisahnya.

Lalu apa sebenarnya passion itu? Jawaban terbaik untuk pertanyaan mengenai mengapa penting untuk punya passion saat membangun bisnis, adalah jawaban dari Steve Jobs. Menurut Steve Jobs, ketika keadaan menjadi sangat sulit, ketika semua orang menekan Anda, dan ketika terlihat bahwa mustahil perusahaan Anda bisa maju, jika Anda punya passion terhadap perusahaan Anda, maka Anda akan terus berjuang keras untuk maju dan pada akhirnya akan sukses. Tanpa passion, orang akan mudah menyerah. Dan bilang, passion semacam ini  yang ia lihat ada di semua entrepreneur sukses.

2. Setia menggunakan produknya sendiri

Dan sering bertemu dengan entrepreneur dan kerap bertanya, apakah mereka masih menggunakan produk mereka sendiri. “Alasannya, banyak bisnis startup didirikan untuk memecahkan masalah. Dan ketika Anda sudah tidak lagi menggunakan produk Anda sendiri, ini adalah lampu peringatan besar! Karena saat Anda sudah merasa tidak perlu menggunakan produk Anda sendiri, maka Anda sendiri sudah bukan user dan tidak akan bisa mendapat feedback dan pengalaman langsung lagi,” ungkapnya

3. Punya masalah besar untuk diselesaikan

“Entrepreneur hebat, semuanya berpikir mengenai masalah besar yang sangat sulit untuk dipecahkan. Saya tidak berbicara mengenai medioker di sini, orang-orang yang cukup puas hanya dengan pencapaian biasa-biasa saja. Lihat saja Elon Musk yang mencari jawaban bagaimana membuat mobil yang bisa berjalan dengan tenaga listrik,” jelas Dan.

Ia melanjutkan, “Memang, pada saat Anda menggunakan produk dari para pengusaha hebat, Anda mungkin berkata ‘wow produk ini sangat hebat, dan mudah digunakan’. Tetapi Anda tidak akan mengira banyaknya waktu, tenaga, dan pengorbanan yang telah dilalui pengusaha macam Steve Jobs (Apple), Ryan Holmes (Hootsuite), Aaron Levie (Box) dan lain-lain untuk bisa menciptakan produk-produk hebat itu.”

(Artikel ini ditulis Hesti Pratiwi dan telah dipublikasi DailySocial.id pada 05 Januari 2015 https://dailysocial.id/post/dan-martell-bicara-tentang-tiga-karakter-yang-dimiliki-semua-entrepreneur-kelas-dunia)