• Facebook
  • Linkedin
  • Google
Maya
by on October 10, 2019
124 views

Estubizi X DailySocial.id

Cita-cita sebuah bisnis tak lain untuk menjadi besar dan berkembang. Bagi pemimpin bisnis, sebagai penggerak utama laju bisnis, saat perusahaan mulai berkembang besar tantangan akan semakin kompleks. Salah satunya terkait dengan manajerial tim. Penting bagi pimpinan tertinggi bisnis untuk memikirkan bagaimana anggotanya dapat berkolaborasi secara matang dan memiliki potensi untuk bertumbuh.

Sebuah bisnis yang maju salah satu indikasinya adalah soliditas tim. Untuk membangunnya peran pimpinan sangat dominan. Ketika sebuah bisnis berkembang, maka hubungan yang harus diatur antar anggota tim akan lebih kompleks. Founder Get Lig Jason Evanish dalam sebuah blog menggambarkan dengan sebuah garis yang signifikan makin kompleks.

Sebagai seorang pimpinan, peran pentingnya akan menjadi pusat dari lingkaran titik kompleks tersebut. Sembari menyusun startegi pertumbuhan laju bisnis, strategi komunikasi tim perlu dijaga. Termasuk di dalamnya memastikan anggota tim bekerja prima dan memberikan motivasi dan dukungan untuk mencapai level yang lebih baik.

Berikut beberapa hal yang dapat diterapkan untuk mengelola anggota tim saat bisnis mulai bertumbuh besar:

Mencoba untuk percaya dan mengurangi kontrol secara langsung.

Jack Welch mantan CEO General Electric mengatakan bahwa kesuksesan seseorang menjadi pemimpin saat komponen-komponen perusahaan dapat bertumbuh secara mandiri. Tugas pemimpin dapat menumbuhkan orang lain. Namun faktanya tak jarang pemimpin yang masih memiliki keraguan terhadap anggota timnya, sehingga apapun yang dilakukan menyangkut bisnis harus di bawah kendali kontrolnya secara langsung. Efeknya akan banyak yang harus diurusi dan memungkinkan menjadi kurang maksimal.

Sebaliknya, pemimpin yang baik adalah yang mampu menumbuhkan setiap anggota tim untuk diberikan kuasa penuh atas wewenang yang berkaitan dengan pekerjaannya. Mungkin kontrol langsung masih memungkinkan jika anggota tim masih dapat dihitung dengan jari, saat bisnis dan anggota tim membesar inilah saatnya belajar untuk memberikan porsi kontrol untuk anggota tim. Motivasi pemimpin akan bergantung penuh pada bagaimana anggota tim bertanggung jawab pada apa yang harus dan sudah ia kerjakan.

Lahirkan pemimpin dari dalam tim

Ketika bisnis dan tim sudah bertumbuh, mau tak mau pemimpin harus memiliki tangan kanan untuk membantu memikul tanggung jawab yang kian kompleks. Menemukan pimpinan dari anggota tim terbaik menjadi salah satu langkah mengakselerasi semangat anggota tim untuk bertumbuh.

Kebaikan lain dari melahirkan pimpinan baru dari anggota tim ialah mereka sudah mature dengan budaya kerja perusahaan dan bagaimana tim beroperasi. Mempromosikan tim juga memberikan sinyal positif untuk menjadikan tim dalam bisnis semakin kuat.

Namun pastikan dalam mengambil langkah ini harus memiliki landasan yang kuat, karena keputusan pemimpin dalam hal ini dapat menjadi pisau bermata dua. Pastikan anggota tim tersebut memang layak dan memiliki visi untuk dipromosikan. Berikut beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan:

  • Empati. Tentang bagaimana mereka menanggapi pendapat orang lain? Bagaimana mereka mengayomi rekan kerjanya.
  • Detil. Tentang apakah mereka sudah paham terhadap detil hal yang akan menjadi tanggung jawabnya? Apakah mereka menghasilkan kualitas kerja sendiri atau harus didorong pemimpinnya sebelumnya?
  • Kerja sama. Tentang apakah di setiap pekerjaan mereka dapat melibatkan peran rekannya dengan baik?
  • Memimpin. Apakah sebelumnya pernah melihat mereka berhasil memimpin sebuah kelompok untuk mengatasi masalah?

Latih dan kembangkan potensinya

Saat anggota tim bersiap dipromosikan menjadi pemimpin, hal yang perlu dilakukan selanjutnya sebagai pemimpin adalah berinvetasi untuk melatih dan membangun kemampuannya. Ini akan menumbuhkan minat kepada mereka untuk bertumbuh. Dari riset Gallup mengungkapkan hanya 33 persen dari pekerja yang merasa pekerjaannya dapat mendorong perkembangan kemampuannya.

Sebagai pemimpin harus mau meluangkan waktu utnuk berbagi tips dan trik terbaik dalam memimpin apa yang akan ditanggung jawabkan tersebut. Ini seperti untuk menanggulangi ketika pimpinan bisnis tersebut ditanya apa yang dilakukan saat hari peratma menjadi seorang pemimpin?

Jika ada lebih dari satu orang yang berpotensi menjadi pemimpin

Budayakan kompetisi. Berikan kesempatan kepada tim lain untuk memberikan penilaian. Ada kalanya semua anggota tim masih enggan untuk naik menjadi pemimpin. Di sini kadang pimpinan tertinggi memilih untuk merekrut orang baru di luar lingkungan internal. Jika tidak terlalu mendesak dan terbatas, melahirkan pemimpin dari lingkungan internal adalah pilihan yang lebih baik.

(Artikel ini ditulis Randi Eka dan telah dipublikasi DailySocial.id pada 07 Juli 2015 https://dailysocial.id/post/hal-yang-harus-dilakukan-pemimpin-kepada-tim-saat-bisnis-bertumbuh-besar)