• Facebook
  • Linkedin
  • Google
Maya
by on October 9, 2019
8 views

Estubizi X DailySocial.id

Startup dari luar sering terlihat seperti didirikan hanya oleh satu orang  genius. Apple dengan sosok Steve Jobs, Facebook Mark Zuckerberg, dan seterusnya. Namun meski Anda pemegang kendali, untuk sukses tidak terletak di tangan satu orang saja, tetapi kerja seluruh tim dalam startup Anda juga memegang peranan tak kalah pentingnya.

Pengusaha bijaksana akan mampu untuk mengabungkan kekuatan dan kelemahan orang-orang dalam timnya untuk dapat saling bersinergi. Atau ia bisa mengelilingi dirinya dengan orang-orang yang dia butuhkan, sebagai teman, kolega, mitra, mentor atau pegawai yang bisa menunjang bisnisnya. Jika saat ini startup Anda sedang kesulitan, mungkin disebabkan tidak adanya satu dari 10 jenis tipe kepribadian ini.

1.  Pencuri perhatian

Tipe ini adalah orang yang cerdas, karismatik dan penuh ide. Kesan pertama yang Anda tangkap terhadap orang seperti ini, mungkin arogan atau kasar. Pada kenyataannya, mereka sangat kreatif. Mereka memiliki kemampuan berpikir dan bergerak cepat. Kekurangannya mereka mudah merasa bosan.

Dalam bisnis, tipe ini akan menambah nilai luar biasa untuk tim pemasaran. Jangan khawatir orang-orang ini merusak reputasi profesional Anda. Mereka persis yang Anda butuhkan untuk menjaga produk dan jasa Anda tetap menarik.

2. Angsa emas

Tipe angsa emas adalah orang-orang yang memiliki pengetahuan mendalam tentang cara meningkatkan pendapatan dan keuntungan bisnis. Mereka adalah CFO dalam startup Anda. Bisnis Anda tidak bisa sukses tanpa ada orang yang memiliki pengetahuan dalam menghasilkan dan mengelola uang dengan baik.

3. Sang maestro

Maestro adalah mereka  yang memiliki kemampuan berpikir strategis. Mereka adalah visioner. Contoh tipe ini yang paling terkenal adalah Steve Jobs atau Larry Page. Mereka orang  yang telah mengubah cara hidup manusia dengan pola pikir jangka panjang mereka. Mereka dapat melihat dengan mudah bisnis Anda dari awal hingga akhir. Jika Anda kesulitan merencanakan bisnis, serta tidak tahu akan mengarah ke mana, kelilingi diri dengan tipe maestro, atau sering-sering berdiskusi dengan mereka.

4. Virtuoso

Jika Steve Jobs adalah maestro di Apple, Steve Wozniak adalah sang virtuoso. Virtuoso adalah inovator dengan pengetahuan khusus. Mereka adalah para ilmuwan, insinyur, dan arsitek di balik penemuan paling menakjubkan di dunia. Orang-orang ini melakukan hal yang paling sulit di dunia: menciptakan sesuatu dari ketiadaan. Virtuoso akan membantu Anda membangun produk  lebih baik dan lebih cepat.  Tanpa virtuoso, semua ide bisnis akan membusuk.

5. Wordsmith

Wordsmiths adalah orang-orang yang unggul dalam mengasah kata. Mereka dapat menjabarkan ide dengan baik dalam bentuk lisan, dan tertulis. Memiliki kemampuan komunikasi untuk memotivasi, menghibur, dan mengajar orang lain. Wordsmiths termasuk penulis, editor, blogger, pembicara publik, dan komunikator dari semua jenis. Siapa pun yang mampu menciptakan konten yang viral, mengontrol pembicaraan, membuat meme, menyusun  laporan, hingga memo. Membuat misi perusahaan Anda mudah dimengerti oleh banyak orang.

6. Superconnector

Tipe orang seperti ini, mudah melebur ke banyak lapisan masyarakat. Mereka memiliki banyak kenalan dan mudah membina hubungan dengan siapa saja. Orang seperti ini, memiliki kemampuan membuat orang-orang di sekitar bergerak bersama menuju satu tujuan. Ketika Anda terjebak dan kesulitan bisnis, orang ini akan tahu orang yang tepat untuk membantu Anda keluar dari masalah.

7. Gladiator

Gladiator adalah tipe pengusaha dalam artian paling murni. Tipe ini adalah eksekutor tanpa lelah, dan orang-orang yang tidak mudah mundur. Mereka bermental baja, dan cepat bangkit dari setiap kegagalan. Mereka juga tipe yang loyal.

Jika Anda merasa diri Anda kurang inisiatif, mulai kelilingi diri dengan banyak gladiator. Orang-orang ini tahu cara untuk mengeksekusi bisnis, tidak peduli banyaknya rintangan menghalangi jalan mereka.

8. Kutu buku

Kutu buku tipe orang yang terstruktur dan sangat berorientasi kepada hal yang detail. Mereka gemar membaca, riset, dan sangat menghargai  ilmu pengetahuan dan sistem di atas segalanya. Kutu buku adalah minyak yang membuat semua organisasi berjalan lancar.

Sebagian besar pengusaha menempatkan kutu buku  untuk operasi taktis. Jangan membuat kesalahan ini. Perbedaan antara layanan yang baik dan buruk, atau kondisi kerja yang baik dan buruk, sering berasal dari operasi standar yang disusun oleh kutu buku. Jika detail membuat Anda gila, Anda butuh tipe ini untuk membuat dan merumuskan benchmark perusahaan.
 
9. Hacker

Hacker adalah perusak sekaligus pencipta. Mereka mendekonstruksi sistem, menghapus yang tidak perlu, dan kemudian membangun kembali sistem yang lebih baik. Hacker membuat pergeseran paradigma dengan menguji  bagian yang berbeda dari sebuah proses berulang-ulang sampai setiap bagian optimal. Jika Anda tidak punya waktu untuk menguji berbagai bagian dari bisnis Anda, mulailah mempekerjakan beberapa hacker.

10. Orang bijak

Setiap bisnis membutuhkan orang bijak untuk bertahan hidup. Orang bijak di sini maksudnya orang-orang yang memiliki banyak pengalaman. Mereka adalah guru, manajer, dan mentor yang unggul. Mereka akan membantu Anda menghindari kesalahan umum dan membantu Anda menangkap peluang tidak terlihat. Jika Anda seorang pengusaha dengan sedikit atau tidak ada karyawan temukan orang bijak sebagai mentor.

(Artikel ini ditulis Hesti Pratiwi dan telah dipublikasi DailySocial.id pada 03 Maret 2015 https://dailysocial.id/post/sepuluh-karakter-yang-dibutuhkan-startup-anda)

Be the first person to like this.