• Facebook
  • Linkedin
  • Google
Maya
by on July 22, 2021
12 views

Estubizi X BestHostels

Ingin traveling tapi takut kantong bolong? Duh, sudah nggak zamannya lagi, Bestpackers. Karena liburan bisa lebih murah asalkan kamu mengikuti tips hemat liburan berikut.

Nggak sedikit dari kita yang memendam kembali hasrat untuk berlibur karena takut akan menghabiskan banyak biaya. Padahal jika mengetahui tips hemat traveling ketakutan ini seharusnya tidak ada.

Kamu bisa menyiasati beberapa hal agar liburanmu tetap berkesan namun tidak memakan banyak biaya. Berikut ini tips hemat traveling yang harus Bestpackers pahami agar liburan nggak menguras uang apalagi tabungan.

Budgeting

Hal pertama yang harus dilakukan sebagai tips hemat dalam liburan adalah budgeting. Yups, dalam mengatur keuangan kamu perlu tahu terlebih dahulu berapa alokasi yang akan digunakan untuk masing-masing kebutuhan.

Budgeting akan membuat anggaran perjalananmu jadi lebih terarah dan bisa ditekan. Selama berada di destinasi nanti usahakan untuk tetap mencatat pengeluaran juga, ya. Ini dilakukan agar kamu bisa mengontrol uang yang keluar.

Pesan tiket jauh-jauh hari

Memesan tiket pesawat atau penginapan dekat-dekat hari keberangkatan biasanya memakan biaya yang jauh lebih mahal. Untuk itu lakukan pemesanan tiket jauh-jauh hari agar biaya liburanmu dapat lebih hemat.

Semakin jauh jarak pembelian maka akan semakin murah pula harga yang ditawarkan. Idealnya Bestpackers bisa memesan tiket ini minimal 3 bulan sebelum tanggal keberangkatan. Bahkan, banyak juga lho yang memesan tiket promo setahun sebelum tanggal keberangkatan!

Pilih tanggal yang tepat

Salah satu tips hemat traveling yang nggak boleh disepelekan adalah menentukan tanggal liburan. Usahakan untuk berlibur pada saat low season. Maksudnya jangan berlibur di musim-musim liburan seperti long weekend atau mendekati perayaan tertentu. Karena di waktu-waktu ini tiket pesawat dan akomodasi jadi lebih mahal.

Ini terjadi karena banyak permintaan di momen-momen liburan sehingga tiket-tiket perjalanan dan jasa akan dinaikkan. Jika kamu memaksa berangkat di waktu high season, mau tidak mau biaya liburanmu justru akan lebih membengkak.

Keuntungan lain berlibur di low season adalah tempat wisata jadi lebih sepi sehingga Bestpackers bisa liburan dengan nyaman.

Manfaatkan promo

Biar traveling semakin hemat Bestpackers harus rajin cek promo atau cashback. Tips traveling ini dapat digunakan untuk memesan sarana transportasi dan akomodasi. Cobalah untuk meluangkan waktu untuk berburu promo dan diskon di tanggal-tanggal tertentu.

Biasanya pada peringatan hari besar perusahaan penyedia travel akan mengeluarkan paket promo yang bisa kamu gunakan. Selain itu bandingkan juga satu situs dengan situs lainnya untuk mendapatkan harga terbaik.

Dengan cara ini, kamu memiliki gambaran berapa selisih harga tiketnya sehingga tidak akan ragu untuk membeli tiket termurah.

Menginap di hostel

Salah satu anggaran terbesar yang harus dikeluarkan saat berwisata adalah menyewa akomodasi atau penginapan. Nah, saat ini kamu nggak perlu bingung lagi untuk menghemat biaya liburan dari segi penginapan. Pasalnya, kehadiran hostel dapat menjadi jawaban terbaik untuk permasalahan tips hemat ini.

Meski punya harga yang terjangkau, fasilitas di hostel nggak perlu kamu ragukan lagi. Akomodasi ini memiliki beragam fasilitas pendukung seperti sharing kitchen, lobi, hingga kolam renang. Tidak hanya menginap, Bestpackers juga berpeluang mendapatkan teman baru di sini.

Untuk mendapatkan penawaran terbaik dari hostel, Bestpackers dapat kepoin langsung website BestHostels Indonesia, ya.

Cari rekomendasi makanan murah

Menikmati makanan lezat tidak selalu di restoran mahal, Bestpackers. Kamu juga bisa menemukannya di pedagang kaki lima atau warung-warung sederhana di pinggir jalan. Biasanya di setiap lokasi wisata terdapat beberapa rekomendasi makanan murah yang bisa dijajal.

Jika kamu ragu, cobalah untuk meminta rekomendasi pada guest house atau kenalanmu di hostel. Selain itu cobalah untuk membawa uang tunai agar proses transaksi lebih mudah. Karena umumnya warung-warung sederhana tidak menyediakan fasilitas transaksi cashless.

Gunakan angkutan umum

Selama di destinasi wisata usahakanlah untuk menggunakan angkutan umum atau berjalan kaki jika. Sebisa mungkin hindari penggunaan transportasi pribadi seperti taksi maupun ojek online. Karena keduanya punya harga yang relatif lebih mahal jika dibandingkan angkutan umum.

Di samping menghemat anggaran menggunakan angkutan umum juga bisa memberimu pengalaman liburan yang lebih seru. Moda transportasi ini juga memudahkanmu untuk berinteraksi dengan warga lokal serta memahami tempat-tempat dengan lebih baik.

Itulah tujuh tips hemat saat liburan yang dapat kamu terapkan agar keuangan tidak berantakan. Ingat juga untuk konsisten mencatat pengeluaran selama liburan, ya.

(Artikel ini dipublikasikan oleh BestHostels pada 4 Februari 2021 https://blog.besthostels.co.id/strategi-hostel-di-indonesia-saat-pandemi/)

Posted in: Finance