• Facebook
  • Linkedin
  • Google
Maya
by on May 11, 2021
28 views

Estubizi X Modalku

Usaha dikatakan sukses apabila pemasaran berjalan dengan baik seiring dengan penjualan yang meningkat. Namun, ada satu faktor yang tidak kalah penting untuk dipertimbangkan saat menjalankan usaha, yaitu reputasi bisnis. Reputasi kerap diartikan sebagai citra atau nama baik dari sebuah produk/brand tertentu. Citra yang baik turut mendorong keyakinan seseorang untuk memutuskan produk mana yang akan dipilih. Oleh karena itu, ada baiknya untuk memastikan secara berkala, bahwa reputasi usaha yang Anda jalani sudah baik dan maksimal. Salah satu caranya adalah dengan membangun branding melalui media sosial. 

Menggunakan Media Sosial

Pertama, Anda bisa menggunakan strategi pemasaran digital melalui media sosial atau social media marketing. Di era digital saat ini, branding melalui media sosial sangat penting. Bayangkan saja, durasi orang berada di media sosial kian hari kian meningkat. Oleh karena  itu, pastikan usaha yang Anda miliki terdaftar di Instagram, Twitter, Youtube atau website. Platform media sosial sangat direkomendasikan sebagai perantara dan wadah bagi pelanggan untuk berkomunikasi. Berikan kebebasan bagi mereka untuk menyampaikan kritik dan saran terkait produk yang Anda pasarkan. Semakin responsif, semakin besar pula kesempatan bagi Anda untuk menerima reputasi baik dari para pelanggan. Secara otomatis, branding produk Anda pun meningkat. Sekilas orang mendengar merek Anda, mereka pun langsung mengasosiasikan sebagai produk yang berkualitas. 

Reputasi Usaha Menciptakan Hubungan yang Baik antara Anda dengan Customer

Jika ditelusuri lebih dalam, reputasi tidak hanya berkaitan dengan citra saja, melainkan membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. Tidak berlebihan jika menjaga hubungan baik merupakan jiwa dari branding. Misalnya saja, Anda bisa membangun kepercayaan pelanggan melalui reputasi. Jika produk yang Anda tawarkan sesuai dengan kualitas dan pelayanannya, maka produk Anda akan dipercaya untuk kedua dan ketiga kalinya. Pada titik ini branding Anda tergolong berhasil. Tidak hanya customer trustAnda turut mendapatkan customer loyalti dan free advertising! Reputasi yang baik tentu saja membuat pelanggan memberikan rekomendasinya kepada orang banyak, sesuai dengan strategi marketing mouth-to-mouth

Testimoni Pelanggan yang Membantu Anda dalam Melakukan Evaluasi

Testimoni atau komentar dari pelanggan biasanya berupa pujian, kritik, maupun saran yang berkaitan dengan produk yang ditawarkan. Testimoni bisa disampaikan di berbagai platform media sosial. Ini merupakan langkah penting dalam social media marketing.  Dengan menerima testimoni, Anda bisa melihat dari berbagai sisi, mengapa produk tersebut disukai, apa saja yang menjadi kekurangan, dan saran yang bisa membawa produk Anda ke arah yang lebih baik. Oleh karena itu, dalam menjalani usaha mandiri, berusahalah untuk terbuka dengan berbagai komentar dari pelanggan. Evaluasi memberi Anda kesempatan untuk lebih baik dalam mengelola produk. Supaya lebih maksimal, Anda bisa menerapkan 4 Contoh Evaluasi Usaha Online Agar Bisnis Terus Berkembang.

Maksimalkan Penggunaan Ulasan Pelanggan dari Google Maps

Ini salah satu yang termudah, karena ulasan yang dikirim ke Google Maps akan mudah ditemui saat orang-orang mencari tempat usaha Anda. Jika usaha yang Anda jalani adalah kuliner, pelanggan akan mengulas secara langsung saat menikmati makanan di sana. Mereka akan menilai dengan jujur, sesuai dengan kualitas dan pelayanan yang diterima. Komentar dan vote juga dapat terbaca oleh pelanggan yang lain. Oleh karena itu, usahakan yang terbaik supaya reputasi yang Anda terima maksimal.

Jangan Cepat Puas, Teruslah Berinovasi!

Jika Anda merasa cukup dengan reputasi saat ini, bukan berarti Anda berhenti berinovasi. Tawarkan produk yang lebih menarik sehingga pelanggan juga menerima pengalaman baru dari produk yang Anda tawarkan. Pastikan juga konten yang Anda unggah di media sosial itu berkualitas, termasuk melampirkan berbagai testimoni dari pelanggan terkait produk yang sedang dipasarkan. 

(Artikel ini telah dipublikasi Modalku pada 20 April 2021 https://blog.modalku.co.id/bisnis/sektor-umkm/pentingnya-membangun-reputasi-saat-menjalankan-usaha/)