• Facebook
  • Linkedin
  • Google
Maya
by on May 11, 2021
25 views

Estubizi X Modalku

Jika Anda seorang pelaku bisnis dan tertarik meminjam modal lewat pinjaman online, Anda wajib memilih pinjaman online yang terdaftar di OJK. Meski menggiurkan, jangan pernah mengajukan pinjaman online yang ditawarkan secara ilegal tanpa asal-usul yang jelas. Kekeliruan ini malah akan menjebak Anda, sehingga Anda bisa dirugikan dengan jumlah utang yang jauh lebih banyak dibanding dengan nominal pinjaman awal.

Untuk itu, pemilik usaha wajib cermat dalam memilih pinjaman online. Pinjaman online yang aman adalah pinjaman online  yang terdaftar di OJK, yang mana semua aktivitasnya sudah diawasi dan dijamin aman. Agar Anda tidak salah pilih, inilah 6 ciri pinjaman online yang terdaftar di OJK yang wajib Anda ketahui!

Tingkat bunga yang jelas

Saat meminjam uang, Anda wajib memperhatikan tingkat bunganya. Jangan sampai bunga ini membuat selisih dari jumlah uang yang dipinjam dan jumlah yang dibayarkan terpaut jauh. Salah satu ciri pinjaman online yang terdaftar di OJK adalah memiliki tingkat bunga yang jelas. Bunga yang diberikan lembaga pinjaman online harus dalam jumlah yang wajar dan tidak mencekik.

Besar kecil tingkat bunganya bisa Anda bandingkan dengan bunga pinjaman dari bank. Umumnya, bunga pinjaman dari bank saja berkisar 0,7-2% setiap bulannya. Jika lembaga pinjaman online memberikan bunga lebih dari itu, sebaiknya undurkan saja niat Anda untuk meminjam uang di sana.

Situs bergembok

Ciri lembaga pinjaman online yang aman bisa dilihat dari situs resminya. Perhatikan apakah situs tersebut memiliki tanda gembok terkunci di sisi kiri atasnya. Meskipun sering diabaikan, tanda ini merupakan indikasi bahwa aktivitas di dalam situs tersebut telah terlindungi dan terjamin.

Walau sepertinya sepele, tanda gembok ini melindungi Anda dari aktivitas ilegal yang berbahaya. Tanda gembok dalam sebuah situs menandakan bahwa segala informasi sensitif seperti kata sandi dan nomor kartu kredit tidak akan disalin dan sudah dikirim secara aman.

Ada FAQ dan informasi perusahaan yang jelas

Singkatnya, FAQ merupakan singkatan dari Frequently Asked Questions atau pertanyaan yang sering diajukan pengunjung laman situs tersebut. Biasanya, pengunjung situs pinjaman online akan menanyakan berapa besaran minimum pinjaman, tata cara pinjaman, atau besar bunga yang diberikan. Keberadaan FAQ ini merupakan salah satu ciri pinjaman online yang aman karena menunjukkan banyaknya kunjungan laman situs dan seberapa seringnya calon peminjam bertanya.

Selain itu, adanya FAQ pinjaman online yang terdaftar OJK pasti memberikan informasi perusahaan yang jelas berupa sejarah berdirinya, pencapaian apa saja yang telah diraih, mencantumkan alamat kantor operasional serta tentunya pernyataan bahwa perusahaannya sudah diawasi dan mengantongi izin OJK.


Bisa lihat testimoni pinjaman online yang terdaftar di OJK

Sama seperti online shop, terpercaya atau tidaknya sebuah platform pinjaman online ini bisa dilihat dari testimoni pelanggannya. Nah, salah satu ciri pinjaman online yang terdaftar di OJK adalah calon peminjam dapat melihat rangkaian testimoni dari nasabah yang sudah pernah mengajukan pinjaman online di tempat tersebut. Kehadiran testimoni ini menjadi bukti bahwa lembaga pinjaman online tersebut aman dan memiliki kualitas layanan yang baik. Selain sebagai bukti pinjaman online yang terdaftar di OJK, testimoni juga berfungsi untuk melihat sejauh mana kredibilitas yang dimiliki lembaga pinjaman online ini.


Skema Peminjaman yang Transparan

Lembaga pinjaman online dan bank memiliki satu hal yang sama, yakni skema peminjaman bagi para calon peminjam atau nasabahnya. Ciri pinjaman online yang aman adalah menjabarkan skema peminjaman yang transparan. Skema pinjaman ini mencakup mekanisme pinjaman, berapa besar cicilan yang harus dibayarkan di setiap bulannya, suku bunga, batas pelunasan, denda, dan ketentuan lainnya yang harus disampaikan secara transparan. Penting sekali bagi nasabah untuk mengetahui secara jelas bagaimana skema peminjaman ini akan berjalan supaya calon peminjam tidak akan menyalahi aturan yang telah berlaku serta mampu menghindari kesalahpahaman di kemudian hari.


Tersedia layanan bantuan pengguna

Terakhir, lembaga pinjaman online yang terdaftar di OJK sudah pasti menyediakan layanan bantuan pengguna. Layanan bantuan pengguna pada umumnya berupa fitur live chat di situs resmi mereka serta kontak nomor telepon lembaga pinjaman online tersebut. Layanan ini berguna sebagai fasilitas jika ada informasi yang tertera masih kurang jelas, sehingga calon peminjam bisa langsung menanyakannya.

(Artikel ini telah dipublikasi Modalku pada 21 April 2021 https://blog.modalku.co.id/investasi/ciri-pinjaman-terdaftar-ojk/)

Posted in: Finance & Funding