• Facebook
  • Linkedin
  • Google
Maya
by on May 11, 2021
22 views

Estubizi X Modalku

Pinjaman tanpa jaminan menjadi tren masa kini bagi masyarakat yang membutuhkan tambahan dana, baik itu bagi kebutuhan konsumtif maupun kebutuhan bisnis. Seiring perkembangan zaman, industri finansial pun semakin pesat berkembang dan berinovasi. Itu sebabnya solusi-solusi finansial sudah bukan lagi hanya bank umum saja, melainkan juga dalam bentuk jasa yang disediakan oleh startup keuangan. Inilah cikal bakal pinjaman tanpa jaminan dalam bentuk P2P lending

Sistem P2P lending yang bersifat kolaboratif ini diiringi dengan sistem keamanan serta validasi yang kompleks dengan tujuan menjamin transaksi yang aman. Tidak perlu khawatir, berikut ini beberapa keuntungan dari memilih pinjaman tanpa jaminan dari P2P lending

Syarat pinjaman mudah anti ribet

Ada banyak kelebihan dari mengambil pinjaman tanpa jaminan. Salah satunya adalah daftar persyaratan yang terbilang mudah dan tidak mempersulit peminjam. Bahkan, untuk seseorang yang awam dan baru pertama kali akan mengambil modal bisnis dari P2P lending, persyaratan yang diajukan masih sangat mudah dipahami dan dipraktikkan.

Poin yang membuat jenis pinjaman ini terasa mudah adalah sistemnya yang bisa diakses secara online. Dengan kata lain, siapapun dapat memberikan atau menerima pinjaman dari mana saja dan kapan saja. Tinggal registrasi data, buat akun, kirimkan dokumen persyaratan, dan melengkapi formulir lewat aplikasi. 

Dana cair dalam hitungan hari

Bagi mereka yang hendak meminjam dana, pinjaman seperti P2P lending memiliki proses pencairan dana yang begitu cepat. Begitu selesai mendaftarkan diri, Anda tinggal menunggu dalam hitungan menit sampai bisa menerima notifikasi pencairan dana pinjaman. 

Paling lama, proses ini akan membutuhkan waktu 3-5 hari kerja. Prosesnya yang cepat ini pun tetap tidak mempersulit Anda. Dana dalam jumlah besar akan langsung ditransferkan ke rekening yang sudah Anda daftarkan. Proses yang cepat membuat Anda juga jadi lebih cepat mengeksekusi rencana bisnis anyar Anda yang butuh kesediaan modal cepat. Keberadaan P2P lending diharapkan dapat mempermudah para pelaku usaha dan UMKM dalam melangsungkan usahanya.

Punya tujuan membangkitkan UMKM Indonesia

Keberadaan sistem ini sudah sangat umum diketahui tujuan utamanya, yakni untuk mendorong pertumbuhan UMKM di Indonesia. Ada banyak calon pengusaha di Indonesia, namun sebagian besar dari mereka terhalang modal usaha. Mereka tidak memiliki modal yang cukup untuk membiayai berbagai rencana bisnis mereka.

Dengan adanya layanan pinjaman tanpa jaminan seperti ini, tentunya para pengusaha kecil ini dimudahkan untuk merintis usaha mereka secara lebih cepat. Diharapkan pengusaha kecil Indonesia akan kian menjamur. Dampaknya ke ekonomi Indonesia sudah tentu positif, belum lagi dampaknya terhadap tingkat pengangguran di Indonesia yang bisa semakin ditekan. Hal tersebut dapat diatasi dengan pertimbangan untuk memulai bisnis baru daripada cari kerja lagi. Perihal modal Anda tak perlu khawatir, sudah ada perusahaan yang menyediakan fitur pinjaman tanpa jaminan bagi pelaku usaha dan UMKM.

Pinjaman tanpa jaminan, tenor bisa disesuaikan

Anda tidak perlu lagi takut terikat dengan tenor. Pinjaman seperti P2P lending memperbolehkan nasabah untuk menyesuaikan tenor. Dengan memilih sendiri jangka waktu pinjaman, Anda juga bisa menyesuaikan skema pembayaran dengan kekuatan bisnis serta kemampuan membayar Anda nantinya.

Dengan tenor yang bisa diatur, bisnis pun bisa segera dimulai. Misalnya Anda mampu melunaskan pinjaman dalam jangka waktu 5 tahun, Anda bisa memilih tenor 5 tahun. Atau jika Anda ingin cicilan pinjaman yang lebih rendah, bisa langsung pilih tenor yang lebih panjang. Benar-benar fleksibel dan tidak membebankan nasabah. 

Tingkat suku bunga kompetitif

Seperti banyak pinjaman lainnya, pinjaman tanpa jaminan pun jelas memiliki bunga. Namun, terlepas dari semua kemudahan dan keuntungan yang sudah Anda baca, tingkat suku bunganya sendiri tidak mencekik. Lebih tepatnya, suku bunga yang ditawarkan di sana berada di persentase yang bisa dibilang kompetitif.

Suku bunga yang ditetapkan dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk faktor jenis pinjaman itu sendiri, peringkat hasil analisis, tenor yang diambil, serta besaran pinjaman. Tetap saja, besar bunga pinjaman ini masih lebih rendah jika dibandingkan dengan suku bunga pinjaman dari lembaga perbankan.

Mudah diakses dari ponsel 

Terakhir, pinjaman tanpa jaminan ini sangat mudah diakses oleh siapa saja, asalkan punya akses internet. Anda cukup unduh aplikasi di ponsel Anda dan langsung ajukan pinjaman. Dalam beberapa klik, Anda bisa mulai dengan proses registrasi hingga pengajuan pinjaman. Semuanya dilakukan dalam satu aplikasi saja. 

(Artikel ini telah dipublikasi Modalku pada 22 April 2021 https://blog.modalku.co.id/learning-center/pinjaman-bisnis-umkm/keuntungan-memilih-pinjaman-tanpa-jaminan-dari-p2p-lending/)

Posted in: Finance & Funding