• Facebook
  • Linkedin
  • Google
Maya
by on July 23, 2019
14 views

Estubizi X DailySocial.id

Menciptakan startup yang sukses diperlukan tiga hal berikut, yaitu konsumen menyukai produk, akuisisi pelanggan, monetisasi yang berhasil. Jika ketiga hal tersebut di lakukan dengan baik, besar kemungkinannya startup akan memiliki potensi serta pemasukan untuk jangka panjang. Namun demikian saat ini masih banyak startup yang kerap melakukan kesalahan, dalam hal perhitungan skala yang prematur.

Sebagian besar para pendiri startup memiliki semangat yang tinggi tentang ide bisnis mereka, namun tidak memiliki pengalaman yang cukup banyak untuk mewujudkan produk yang baik. Para pendiri startup juga tidak bisa mengukur dan meningkatkan product market fit.

Dalam tips kali ini, Founder Seeking Alpha David Jackson mengupas secara detil kesalahan yang wajib dihindari oleh startup.


Tidak memvalidasi hipotesis product market fit

Tuliskan hipotesis product market fit anda hingga mengerucut kepada kesimpulan akhir, di antaranya adalah target pasar yang dibidik dan siapa yang mengambil keputusan pada saat pembayaran, apa masalah terbesar yang dihadapi konsumen, apa yang membuat produk startup anda unik di mata para konsumen, dan berapa jumlah uang konsumen rela membayar.

Perhatikan pula bagaimana produk anda bisa tampil lebih baik dari para pemain lainnya.


Tidak menentukan metrik yang jelas

Untuk mengetahui apakah produk yang dibuat disukai oleh konsumen bisa menggunakan survei ke konsumen, namun demikian cara yang tepat untuk mengetahui apakah produk yang dibuat tersebut disukai oleh konsumen atau tidak adalah dengan melihat user engagement terhadap produk yang dibuat hingga perputaran (churn) yang terjadi.


Hindari penggalangan dana dalam jumlah besar

Yang perlu diingat adalah jumlah uang yang besar bukanlah jaminan nantinya akan menemukan product-market-fit. Penggalangan dana dalam jumlah yang besar pada tahap awal nantinya hanya akan menjadi beban pendiri startup kepada para investor.


Tidak memiliki visi dan misi yang sama dengan investor

Buatlah metrik produk (NPS average, engagment per user dan lainnya) sebagai kunci KPI. Secara rutin informasikan KPI kepada investor. Pendiri harus sepakat untuk tidak melakukan rencana penambahan pegawai dan targetkan burn rate usai memvalidasi product market fit.

Ketika produk sudah siap untuk dipasarkan hindari untuk melakukan penjualan atau pemasaran pada tahap awal. Pastikan terlebih dahulu berapa jumlah pengguna atau konsumen untuk melakukan validasi product-market-fit dan tentukan budget atau pengeluaran yang disesuaikan dengan target pasar. Hindari pula mempekerjakan banyak karyawan saat tahap awal, Intinya adalah tim dengan jumlah yang kecil biasanya bisa melakukan kolaborasi dengan baik dalam hal perkembangan produk.


(Artikel ini ditulis Yenny Yusra dan telah dipublikasi DailySocial.id pada 28 Oktober 2015 melalui https://dailysocial.id/post/empat-kesalahan-yang-wajib-dihindari-startup-di-tahap-awal/)

Posted in: Kiat Bisnis