• Facebook
  • Linkedin
  • Google
Maya
by on April 3, 2021
17 views

Estubizi X Toffeedev.com

Meski telah eksis selama lebih dari satu dekade, blog tetap menjadi salah satu media berbagi informasi yang cukup populer saat ini. Bahkan, bagi sebagian orang, blog juga digunakan sebagai sumber penghasilan yang memberikan keuntungan lumayan. Anda pun bisa mengikuti jejak para blogger sukses dengan mulai membuat blog sendiri. Tak sedikit pula saat ini, para blogger yang menggunakan blog gratis sebagai media berbagi informasi.

Tanpa perlu susah-susah atau keluar biaya melimpah, sebuah blog dengan informasi berisi kini bisa dibuat dan dimiliki semua orang. 

Bagaimana Membuat Blog gratis dengan mudah? Berikut ini Langkah-Langkahnya

Untuk membuat blog gratis dan menjadi seorang blogger yang rutin menulis, Anda bisa mengikuti sejumlah langkah praktis berikut ini.

1. Tentukan Tema Blog

Begitu Anda berniat untuk membuat blog, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tema blog. Penentuan tema akan membuat blog Anda terlihat unik dan berbeda dibandingkan deretan blog lain yang sudah menjamur di mana-mana.

Saat menentukan tema, Anda bisa memilih dari hobi atau hal-hal yang paling disukai. Misalnya, jika Anda hobi traveling, maka blog yang dibuat dapat diisi dengan ulasan perjalanan atau rekomendasi tempat-tempat wisata. Blog semacam ini sering dijadikan salah satu referensi utama bagi warganet yang hendak berlibur. 

2. Pertimbangkan Platform yang Tepat

Jika tema blog sudah ditentukan, langkah selanjutnya dalam membuat blog gratis adalah memilih platform blog yang tepat. Ada banyak sekali platform gratis yang tersedia dan bisa dipilih siapa saja. Di Indonesia, portal pembuatan blog yang paling banyak digunakan dipegang oleh Blogger dan WordPress.

Popularitas kedua platform tersebut tidak semata-mata tanpa alasan. Keduanya dianggap sebagai portal blog yang mudah digunakan dan sesuai untuk topik blog yang beragam. Baik Blogger maupun WordPress juga menawarkan kustomisasi blog serta fungsi tambahan lain yang bisa mendukung efektivitas blog Anda, baik untuk blogger pemula maupun yang sudah profesional. 

3. Pilih Alamat Blog yang Menarik dan Mudah Diingat

Selanjutnya, blog gratis yang akan dibuat harus memiliki nama atau alamat yang menarik serta mudah diingat, bahkan oleh orang yang membaca secara sekilas. Karena setiap huruf dalam alamat blog Anda akan disatukan, hindarilah menggunakan kata-kata yang panjang dengan kombinasi huruf yang membingungkan.

Alamat yang dibuat juga harus catchy dan sesuai dengan topik blog yang sudah ditentukan tadi. Dengan begitu, blog Anda akan tetap mudah dicari meskipun masih memakai domain gratis seperti blogspot.com atau wordpress.com.

4. Kustomisasi Blog untuk Tampilan Optimal

Jika blog gratis sudah mulai dibuat, jangan abaikan kustomisasi dashboard dan tampilan pelengkap. Survei yang dilakukan oleh sebuah lembaga pemasaran menunjukkan bahwa 59% pengguna internet memilih untuk berkunjung dan membaca tulisan di blog jika tampilannya menarik.

Oleh karena itu, hal ini perlu dipikirkan dengan bijak. Pilihlah tema yang sesuai dengan topik dan tujuan blog Anda. Jangan ragu juga untuk menambahkan beberapa perangkat pendukung atau widget yang akan mempercantik tampilan blog. Ada segudang tema dan widget gratis yang bisa Anda pilih untuk membuat blog tampil lebih optimal.  

5. Terbitkan Tulisan

Langkah terakhir tetapi tidak kalah penting adalah menerbitkan tulisan-tulisan berisi di blog yang sudah Anda buat sendiri. Jangan terbiasa membiarkan blog menganggur setelah Anda membuatnya. Sebaliknya, isilah blog secara rutin untuk menarik minat pengguna dan pembaca sekaligus meningkatkan traffic dan popularitas blog Anda.

(Artikel ini ditulis Dwivy Andre dan telah dipublikasi Toffeedev.com pada 6 Maret 2021 melalui https://toffeedev.com/blog/blog-gratis/)

Posted in: Marketing & Sales, Tech
Be the first person to like this.