Maya
by on April 25, 2019
15 views

Estubizi x DailySocial.id

 

Mengamankan pendanaan bukan sesuatu yang secara instan didapatkan. Ada beberapa fokus yang harus dikerjakan dan harus dicapai oleh startup. Wil Schroter, Founder & CEO, Startup.co membagi tips mengenai beberapa fokus dan hal-hal yang perlu disiapkan sebelum memasuki tahap pendanaan.

 

Fokus pada pertumbuhan pelanggan, bukan produk
 

Membangun sebuah produk sering menjadi fokus bagi sebuah startup. Padahal ada yang lebih penting dari itu. Di fase awal startup lebih membutuhkan untuk mengenalkan produknya ke pelanggan. Feedback pelanggan juga merupakan salah satu yang diharapkan didapatkan dari pelanggan di fase awal.

Sebelum jauh berkembang, startup di fase awal membutuhkan yang disebutkan dengan validasi pelanggan. Berikut validasi pelanggan versi Wil Schroter:

  • Melakukan survei pengguna potensial. Sebelum Anda membangun sebuah layanan atau produk penting untuk mengetahui sejauh mana kebutuhan dari pelanggan. Cari orang yang mungkin bisa menjadi pelanggan potensial (bukan teman atau keluarga Anda) kemudian ajukan beberapa pertanyaan. Ini bisa menjadi awal yang baik untuk menghindari Anda membangun sesuatu yang tidak diinginkan.
  • Berikan contoh awal. Setelah Anda mengetahui dengan pasti apa yang pelanggan inginkan cobalah untuk memberikan contoh awal dari apa yang Anda bangun. Ini bisa membantu Anda untuk hanya fokus pada peningkatan produk berdasarkan feedbackyang nyata dari pelanggan.
  • Buat sesuatu untuk dibayar. Segera setelah Anda membuat produk tersedia pastikan Anda membuat versi berbayar. Jangan khawatir tentang berapa banyak mereka membayar, tetapi khawatirlah tentang apakah mereka akan membayar. Bahkan jika pelanggan mendapatkan 99% layanan gratis, selalu sediakan beberapa versi berbayar untuk mereka uji coba.
  • Pengujian elastisitas. Setelah Anda menemukan seseorang yang akan membayar untuk produk Anda sekarang giliran untuk menguji setiap price point untuk produk tersebut. Cobalah berbagai model yang berbeda untuk pembayaran seperti berlangganan, diskon di bulan pertama dan lainnya. Ini akan menunjukan sejauh apa permintaan terhadap produk Anda. Semua ini harus menjadi yang utama sebelum Anda memikirkan hal lain.

 

Membuat pendapatan menjadi prioritas
 

Siapa yang tidak menginginkan pendapatan dari bisnisnya. Dalam fokus kedua ini Wil mencoba memberikan beberapa tahapan kemajuan dari pendapatan. Tahap pertama adalah menjaga untuk terus mendapatan pendapatan. Ini adalah tahap yang penting. Di tahap ini jika Anda ingin memiliki pekerjaan sampingan untuk membayar tagihan Anda, bisnis ini masih bisa tetap eksis dan terus tumbuh tanpa anda. Tahap pertama ini harus mutlak menjadi tujuan Anda dalam menetapkan pendapatan prioritas.

Tahap selanjutnya dari perkembangan pendapatan adalah mampu membayar tagihan Anda dan yang terakhir adalah pendapatan mampu membayar staf Anda. Di tahap terakhir inilah biasanya Anda dapata memperoleh kesempatan untuk meningkatkan modal, menemukan arus pendapatan baru atau pengembangkan bisnis yang krusial.

Dengan fokus pada tahapan-tahapan perkembangan pendapatan Anda dapat mengukur sejuah mana posisi bisnis Anda. Ini akan membantu Anda untuk menentukan langkah selanjutnya.

 

Tampilan metrik, jangan hanya cerita
 

Fokus terakhir ada pada metrik. Pada fokus ini pertanyaannya adalah metrik apa yang menarik kepedulian investor? Sementara pertimbangan investor dapat bervariasi berdasarkan jenis usaha. Namun ada beberapa metrik yang sering menjadi pertimbangan para investor. Metrik yang dapat Anda siapkan untuk itu adalah traffik dan pelanggan, tingkat konversi, pendapatan, dan Cost Per Acquisition (CPA). Namun yang paling penting adalah hindari kesombongan dari metrik Anda. Anda harus menaruh semua dengan kondisi yang sesungguhnya, sebab metrik ini bisa menjadi senjata utama untuk menarik investor.

 

(Artikel ini ditulis oleh Prayogo Ryza dan telah dipublikasi DailySocial.id pada 27 Oktober 2015 melalui https://dailysocial.id/post/beberapa-fokus-sebelum-bisnis-anda-memasuki-tahap-pendanaan)

Be the first person to like this.