• Facebook
  • Linkedin
  • Google
Maya
by on August 11, 2020
54 views

Estubizi X Finansialku.com

 

Mencapai kebebasan finansial entrepreneur tidak perlu cara yang muluk-muluk. Hanya dengan beberapa tahapan sederhana saja, Anda sudah dapat mencapai kebebasan keuangan.

Artikel ini akan menjabarkan cara dan tips yang dapat digunakan entrepreneur untuk mencapai kebebasan keuangan dengan mudah.

Cara untuk Mencapai Kebebasan Finansial Entrepreneur

Menjadi wiraswasta terdengar menggiurkan. Bekerja menjadi bos sendiri tanpa perlu mengikuti perintah serta mendapatkan keuntungan sepenuhnya. Namun, ternyata di balik kemegahan seorang ‘wiraswasta’, dibutuhkan pengelolaan keuangan yang baik.

Tanpa pengelolaan keuangan yang baik, seorang wiraswasta atau entrepreneur akan mudah kehilangan uang alias rugi. Jangankan mencapai kebebasan keuangan, untuk meraih keuntungan bisnis saja sudah cukup sulit.

Di bawah ini adalah beberapa tips dan trik yang dapat Anda lakukan untuk mencapai kebebasan finansial entrepreneur.

#1 Tentukan Tujuan Anda

Kebebasan keuangan berkaitan erat dengan pandangan Anda terhadap arti kebebasan keuangan. Tanyakan pada diri Anda:

  • Apa arti kebebasan keuangan? Apakah bebas dari utang? Atau memiliki investasi di hari tua?
  • Mengapa Anda ingin bebas keuangan?
  • Bagaimana cara Anda mencapai tujuan tersebut?

Dengan menjawab ketiga pertanyaan di atas, Anda akan lebih mudah menentukan langkah dan rencana strategis yang membantu Anda mencapai tujuan tersebut melalui bisnis Anda.

Selain menentukan tujuan kebebasan keuangan, Anda pun harus menentukan tujuan bisnis Anda. Bisnis yang baik adalah bisnis yang mampu bertahan, dan salah satu cara bertahan adalah menemukan motivasi dan tujuan bisnis Anda.

Dengan menentukan passion Anda berbisnis, maka secara tidak langsung, Anda melangkah lebih dekat ke kebebasan keuangan.

#2 Memisahkan Keuangan Pribadi dengan Bisnis

Ini adalah hal yang sering tidak dilakukan oleh wiraswasta yang akan membawa dampak buruk. Sebagai entrepreneur, memiliki keuangan yang terorganisasi adalah hal yang sangat krusial.

Salah satu caranya adalah dengan memisahkan keuangan pribadi dengan keuangan bisnis Anda.

Jika Anda menggabungkan keduanya, pencatatan anggaran akan semakin sulit dan Anda akan menganggap kedua jenis uang tersebut sebagai uang pribadi Anda.

Untuk membantu Anda mencatat keuangan, gunakan aplikasi Finansialku yang memiliki fitur Catatan Keuangan.

Dengan fitur ini, Anda dapat mencatat setiap transaksi yang Anda lakukan, baik itu transaksi pribadi maupun transaksi bisnis Anda.

Download aplikasi Finansialku karena aplikasi perencana keuangan pertama di Indonesia ini sudah tercatat dan diawasi oleh OJK, sehingga terjamin keamanannya.

#3 Hindari Utang

Memulai sebuah bisnis membutuhkan modal yang tidak sedikit. Tidak jarang pebisnis memulai usahanya dengan bantuan utang baik melalui pinjaman bank atau kredit kepemilikan.

Tidak ada salahnya berutang, selama Anda telah melakukan proyeksi keuangan Anda dengan benar. Namun salah satu hal yang dapat menarik Anda jauh dari kebebasan keuangan adalah utang.

Utang memiliki bunga, dan keuntungan Anda akan semakin terkikis jika Anda terus mengandalkan utang. Jika diperlukan, Anda dapat memakai uang pribadi untuk melunasi utang terlebih dahulu.

Dengan cara ini, selain Anda akan lebih mudah mengatur keuangan, keuntungan yang dihasilkan akan lebih ‘terlihat’.

#4 Buat Tujuan Keuangan Jangka Pendek

Jika tujuan keuangan Anda adalah untuk membeli rumah seharga Rp 500 juta dalam 2 tahun, maka Anda harus membaginya menjadi tujuan keuangan jangka pendek yang lebih mudah dicapai.

Misalnya setiap bulannya rata-rata penghasilan Anda adalah Rp 30 juta, namun pengeluaran Anda berkisar antara Rp 10 juta-15 juta. Agar mampu mencapai tujuan keuangan tersebut, berarti Anda harus memangkas pengeluaran.

Buatlah beberapa tujuan keuangan jangka pendek, misalnya dengan mengurangi makan di restoran untuk menghemat Rp 3 juta setiap bulannya, mengurangi biaya bensin dengan naik kendaraan umum dan seterusnya.

Apapun goal Anda, buatlah sekecil dan sesederhana mungkin, sehingga Anda mampu mencapainya.

Gunakan fitur Rencana Keuangan di aplikasi Finansialku untuk mencatat rencana apa saja yang Anda ingin capai.

Apapun tujuan keuangannya, hal kecil tersebut akan mampu membantu Anda menuju kebebasan keuangan dengan lebih cepat dan mudah.

#5 Jangan ‘Besar Pasak Daripada Tiang’

Pengeluaran < pendapatan, aturan ini merupakan hal yang sangat umum dan harus dilakukan agar Anda dapat mengatur keuangan dengan lebih baik.

Walaupun begitu, tidak sedikit wiraswasta yang masih membelanjakan lebih dari seharusnya.

Selain karena uang pribadi mereka tercampur dengan uang bisnis, alasan lain adalah karena tidak mampu membedakan mana yang keinginan dan mana yang kebutuhan.

Kebutuhan adalah ketika Anda membutuhkan kendaraan baru untuk operasional bisnis, keinginan adalah menginginkan kendaraan dengan tipe dan model tertentu hanya untuk gengsi.

Jika Anda mampu menahan sifat belanja impulsif dan terus mengingatkan diri akan perbedaan keinginan dan kebutuhan, maka Anda akan lebih mudah mengatur keuangan. Kebebasan keuangan pun pasti lebih dekat di mata.

#6 Jalankan Bisnis Anda Sebaik Mungkin

Salah satu hal untuk mencapai kebebasan keuangan adalah dengan menghasilkan uang secara maksimal. Tidak mudah membangun sebuah bisnis yang baik dan bertahan.

Pertama-tama, Anda membutuhkan ide bisnis yang unik dan sesuai dengan apa yang Anda ingini serta cintai. Jangan melakukan bisnis hanya karena tuntutan orang lain atau ‘ikut-ikutan’.

Jika Anda telah menemukan ide yang menurut Anda dapat berhasil, jalankan bisnis Anda langsung. Jangan menunggu orang lain atau ‘waktu yang tepat’ yang mungkin tidak pernah akan datang.

Dalam perjalanannya, sebuah bisnis pasti akan terhambat oleh tantangan dan mungkin melakukan salah. Namun, Anda tidak boleh mudah menyerah dan jangan takut untuk mencari bantuan.

 

(Artikel ini ditulis  Ellen Chandra, B. Sc, B. dan telah dipublikasi Finansialku.com pada 07 Agustus 2020 melalui https://www.finansialku.com/kebebasan-finansial-entrepreneur/)

 

Posted in: Finance & Funding
Be the first person to like this.