• Facebook
  • Linkedin
  • Google
Benyamin Ruslan Naba
by on June 12, 2020
222 views

Berulang kali dalam berbagai kesempatan, saya membaca ulang buku menarik karya Azim Jamal dan Harvey McKinnon. Judulnya: The Power of Giving, How Giving Back Enriches Us All. Dan ada tambahan sub judul: Creating Abundance at Home, at Work, and in Your Community.

Ini bukan buku tentang kebaikan sebuah agama, tetapi buku yang mengupas hal kebajikan manusia kepada manusia lainnya.

Kita semua dapat memberi. Setiap orang mempunyai sesuatu untuk diberikan. Dapat berupa waktu, uang, ide, pengetahuan, pengalaman, kebijaksanaan, cinta, tawa dan suka cita, perhatian, nasehat, atau berbagi harapan.

Kita dapat melihat keajaiban melalui pemberian kita. Bagaimanapun kondisi kita, dengan memberi sesuatu, kita dapat memberikan pengaruh positif pada kehidupan orang lain.

Dampak positif dari suatu pemberian tetap diingat walaupun kita sudah tiada, hidup dalam kenangan di antara keluarga, teman dan komunitas.

Apapun pemberian kita, akan mempunyai dampak positif. Ketika kita memberi, kita mempunyai kesempatan untuk membuat dampak yang luar biasa kepada orang lain dan diri kita sendiri, semasa hidup kita, bahkan setelah kita tiada.

Memberi tidak hanya bermanfaat bagi yang menerima, tetapi juga memperkaya kebahagiaan sang pemberi.

 

Memberi Seperti Sungai yang Mengalir.

Semakin kita berada di dalam aliran pemberian, semakin berlimpah lah aliran kebahagiaan menuju kepada kita.

Bercerita tentang kekuatan dari memberi, mengingatkan saya pada sahabatku Andi Simatupang yang baru berpulang 10 Juni 2020 yang lalu.

Ia seorang sahabat yang murah hati, selalu melakukan kebaikan, dan mengajarkan saya untuk tekun berbagi kepada orang banyak.

"Kita sudah menerima begitu banyak kebaikan dari Tuhan, maka kita bisa berikan lagi kepada orang lain sebagai ungkapan rasa syukur kita kepada Tuhan," begitu kira-kira perkataan Andi di suatu senja. Ibarat sungai yang terus mengalirkan airnya ke berbagai penjuru.

Suatu hari di bulan November 2016, kami tiga sahabat - Riki Rijadi, Andi Simatupang dan saya Benyamin Ruslan Naba - asyik berbincang di Estubizi Coworking Space.

Kami bertiga tergerak untuk melakukan sesuatu, giving back to the community, setelah kami 'puas' menjalani rentang waktu nan panjang dalam dunia karir di profesi kami masing-masing.

"Kita harus do something for our community," ujar Riki alumni PL83 yang sudah menjadi sahabat saya sejak 15 tahun silam.

"Ya, sudah saatnya kita giving back to our people, kita bisa mengajar dan membagikan pengalaman kita," Andi CC83 menambahkan. Andi adalah sahabat saya sejak TK.

"Kepada siapa kita akan berbagi bro?" tanya saya.

Alhasil, kami akhirnya sepakat untuk berbagi kepada orang muda yang satu generasi dengan anak kami - Rangga, Nathan dan Nuelle. Kami akan mendedikasikan sisa hidup kami untuk mendukung startup supaya mereka menjadi pebisnis yang tangguh.

Sejak itulah kami menyediakan diri untuk menjadi mentor sukarela bagi orang-orang muda, setiap hari Senin di Estubizi.

Dan satu per satu teman-teman kami ajak untuk bergabung menjadi Mentor Estubizi.

Kemudian lahirlah berbagai inisiatif yang mendukung ekosistem startup dan entrepreneur.

Tahun 2018 kami memulai Estubizi Network: platform digital dan ekosistem startup & entrepreneur Indonesia, yang menghubungkan freelancer, startup, entrepreneur, mentor dan coworking space di seluruh Indonesia.

Dilanjutkan 2019 dengan dimulainya inkubator bisnis EStartupLab dan bergulirnya Founder Program: 'sekolah bisnis' dengan pendekatan Startup Way.

Suatu saat kelak di Estubizi akan terwujud 'Startup Campus' dimana coworking space berpadu dengan inkubator, akselerator dan jejaring investor.

Kami bersyukur mendapat kesempatan untuk berbagi kepada generasi muda Indonesia. Semoga memberi dampak buat banyak orang, sebagaimana tertulis pada Visi Estubizi: menjadi perusahaan yang berhasil, menguntungkan dan bermanfaat bagi orang banyak.

Dan di masa pandemi 2020 ini, kami memulai dua inisiatif baru program eLearning (pembelajaran online) yaitu #AskYourMentor dan #FounderLiveSeries. Untuk menjangkau para startup dan entrepreneur di seluruh Indonesia.

Terima kasih Andi dan Riki yang selalu mendorong kami untuk "Do Something" lebih banyak dan lebih luas kepada banyak orang.

Terima kasih Bro Andi, selamat berkumpul kembali bersama Tuhan Sang Maha Pemberi. #inmemoriamAndiSimatupang

Benyamin Ruslan Naba • Entrepreneur, mentor dan coworking enthusiast

1 person likes this.