• Facebook
  • Linkedin
  • Google
Benyamin Ruslan Naba
by on June 9, 2020
246 views

Dalam ungkapan syukurnya karena tak ditemukan lagi kasus pasien aktif COVID-19 di negaranya, Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern berkata begini: "Sementara pekerjaan ini belum selesai, tak dapat disangkal bahwa pencapaian ini adalah sebuah tonggak sejarah (milestone). Jadi bisa saya selesaikan dengan sangat sederhana melalui ucapan: Terima Kasih, Selandia Baru".

Setiap pencapaian, terlebih jika diraih dengan segala upaya dan kekuatan untuk mengatasi setiap tantangan, sangatlah patut kita rayakan sebuah 'milestone' dengan hati gembira.

Di masa pandemi ini, ada berapa banyak wisudawan-wisudawati kita yang telah mencapai milestone mereka di masing-masing jenjang pendidikan yang dirayakan tanpa kemegahan namun dinikmati penuh haru dan bahagia?

Mereka merayakan pencapaian tonggak sejarah kelulusan dalam era baru kehidupan digital. Lahir menjadi alumni model baru.

Setiap babak kehidupan adalah suatu milestone. Kelahiran, pertama kali bayi merangkak lalu bangun untuk berjalan, masuk sekolah di hari perdana, kelulusan, pernikahan, pindah rumah, berbalik dan bertobat dari perilaku buruk, adalah sejumlah tonggak sejarah kehidupan.

 

#Milestone dalam Era Kehidupan Digital

Sebagai generasi pra millennial, mampu mengikuti dan melakukan pembelajaran secara online di masa pandemi ini adalah suatu pencapaian luar biasa.

Bisa menikmati berbagai eLearning setiap hari melalui Zoom, Google Meet, Microsoft Teams dan teknologi lainnya, adalah suatu kemajuan yang patut kita rayakan.

Demikian pula saat Estubizi Network dimulai pertama kali pada tanggal 08 Agustus 2018. Sebuah momentum tak terlupakan. Mendadak layanan kami meluas dalam lingkup nasional tanpa Estubizi harus hadir dimana-mana.

Saatnya untuk tidak harus selalu berpikir 'owning', mempunyai bisnis bertebaran dimana-mana. Tetapi sudah waktunya untuk 'sharing', berbagi dan membangun jejaring.

Estubizi Network sangat beruntung karena memiliki banyak teman pebisnis coworking space yang ada dimana-mana, dan punya para sahabat mentor dimana-mana yang selalu siap berbagi untuk memajukan startup dan entrepreneur Indonesia.

Juga saat kami berkolaborasi dengan MicroMentor Indonesia, platform mentoring online asal Amerika Serikat yang sudah digunakan lebih dari 200 negara. Bahagianya bukan main!

Tak pernah terbayangkan sebelumnya bahwa Estubizi Network - platform digital dan ekosistem startup dan entrepreneur yang menghubungkan freelancer, startup, entrepreneur, mentor dan coworking space di seluruh Indonesia - kini di masa pasca pandemi ini semakin relevan buat banyak orang di berbagai pelosok Nusantara.

Cita-cita kami, Estubizi Network kelak dapat menjadi platform edukasi Entrepreneurship yang dapat diakses secara gratis oleh siapapun di seluruh Indonesia.

 

#RayakanKolaborasimu!

Dan pada bulan Mei dan Juni 2020 ini, Estubizi Network telah 'berhasil' memulai dua program eLearning: #AskYourMentor dan #FounderLiveSeries

Berkolaborasi dengan startup TechinLabs dan aplikasi Gotix dari Gojek serta Loket.com, kami akhirnya dapat melaksanakan mentoring online dan Founder Live Series bersama para founder startup dan entrepreneur dari berbagai kota di Indonesia.

(Padahal mungkin inisiatif seperti ini begitu mudah dilakukan oleh generasi millennial dan gen-Z).

Itulah sebuah milestone, tonggak sejarah.

Begitu juga ketika ruangan Estubizi Business Center & Coworking Space telah digunakan oleh lebih dari 50.000 orang dan kami menjadi saksi atas 'kelahiran' 1.000+ startup dan entrepreneur yang mendaftarkan usaha perdananya di Estubizi. Itu pun sebuah milestone bagi Estubizi yang patut kami syukuri.

Kita perlu mengenang kembali, apa saja milestone yang sudah Tuhan ijinkan dan berikan kepada kita.

Saat kamu pertama kali diterima kerja di sebuah perusahaan idaman? Ketika kamu dipromosi dan naik gaji? Atau saat kamu dipilih sebagai pasangan ideal bagi pacarmu?

Bisa juga saat kamu bertobat tak mau lagi berbuat nakal atau merugikan orang lain.

Itu semua adalah sebuah milestone. Ibarat meniti anak tangga yang akan membawamu ke nilai-nilai kehidupanmu yang lebih tinggi.

Apa milestone-mu yang ingin kamu ukir di masa depan? Yuk rancang milestone impianmu dari sekarang!

Benyamin Ruslan Naba
Entrepreneur, mentor dan coworking enthusiast • www.network.estubizi.com.

Photo credit: Joshua Earle dari Unsplash

1 person likes this.
Bachtiar Rachmad Pudya
terimaksih telah berbagi