• Facebook
  • Linkedin
  • Google
Benyamin Ruslan Naba
by on May 12, 2020
322 views

#SMALLisPowerful • Setelah pandemi ini berakhir, bisa jadi akan semakin banyak bertumbuh para entrepreneur baru: startup dan UMKM. Sebagian adalah profesional yang banting setir jadi pebisnis.

Bukan hal yang mustahil, krisis pandemi ini akan memaksa kita untuk lebih menghargai hal-hal kecil yang dulu kurang menjadi perhatian kita.

#Waktu • Selama work from home, mungkin waktu terasa begitu berlimpah, padahal tetap sama 24 jam. 

Setelah era ini, tak ada lagi rebahan yang begitu lama. Get up and continue your life! 

Semua kegiatan harus dilakukan dengan waktu yang lebih cermat, lebih efisien dan cepat. Banyak orang yang berpikiran positif, bergegas tak mau kehilangan waktu.

#Belajar • Ibarat Pemburu yang sudah mengasah senjatanya saat tak bisa berburu, setelah kita menikmati beragam virtual learning, kita kembali bekerja di dunia nyata. Saatnya memanfaatkan kompetensi yang sudah bertumbuh saat 'liburan panjang'.

Belajar tak lagi harus bertemu dalam ruangan (offline) tetapi juga online: O2O Offline dan Online.

#Bisnis • Sudah terpetakan mana bisnis yang akan moncer setelah pandemi dan mana bisnis yang akan meredup.

Segeralah lakukan persiapan seolah pandemi ini akan berakhir. Rancang SOP baru, bidik pasar yang lebih spesifik, persiapkan SDM yang lebih gesit.

Sebagai entrepreneur, ibarat angin kencang yang menunggu saat pintu terbuka, sedikit saja pintu terbuka, sang angin akan melesat masuk ke dalam. Itulah karakter entrepreneur sejati: Opportunity Seeker.

Kelak akan bermunculan aneka rupa bisnis yang memanfaatkan teknologi internet yang lebih kreatif. Dalam hal ini, startup dan UMKM sudah teruji saat pandemi terjadi.

#Korporasi perlu memikirkan ulang desain organisasinya. Betulkah masih efektif menggunakan struktur yang besar dan kompleks? Mungkinkah organisasi perusahaan yang gemuk bisa dijadikan kumpulan sel kecil yang lebih ramping dan lincah?

Dapatkah diatur agar sebagian karyawan bekerja dari rumah dengan dukungan teknologi? Sehingga korporasi tak perlu menyewa atau menggunakan ruang-ruang besar dan banyak.

Bisakah korporasi membebaskan karyawannya untuk bekerja dari coworking space yang terdekat dengan tempat tinggalnya?

#Marketing • Perlu dikaji ulang, apa yang sesungguhnya dibutuhkah pelanggan selama ini. Perlukah diluncurkan jenis layanan dan produk baru?

Evaluasi kembali apa saluran promosi yang paling tepat? Masihkah perlukah promosi di billboard raksasa sementara sebagian besar orang lebih suka melihat smartphone sepanjang hari?

#Leadership • Entrepreneurial Leadership bisa menjadi tren baru. Kepemimpinan yang berbasis pola berpikir seorang entrepreneur yang selalu fokus pada solusi dengan semangat pantang menyerah. Memaksa kreativitas dalam menghasilkan inovasi-inovasi baru.

Dan pemimpin berbasis entrepreneurship ini, umumnya lebih perhatian kepada hal-hal sederhana namun efektif, efisien dan result oriented.
___
Semoga pasca pandemi ini akan membuat kita tak lagi mengabaikan yang kecil. 

Dan organisaai yang kecil tak harus menjadi besar, apalagi menjadi raksasa seperti konglomerat.

Biarlah organisasi yang kecil tetap berukuran kecil namun berpikir dan bermimpi besar. Menggunakan teknologi tepat guna untuk mencapai visinya.

Mungkin inilah hal yang perlu dipikirkan semua bisnis: membangun usaha yang memberi dampak positif buat orang banyak, tak hanya melulu meraup keuntungan besar dan melupakan lingkungan. #PeoplePlanetProfit

#estubizi
#estubizinetwork
#BeraniBerbisnis
#RayakanKolaborasimu

Keterangan foto: Kunjungan Bisnis Para Entrepreneur Muda ke Resto D'Cost sebagai kegiatan ekstrakurikuler Entrepreneurship SD Tarakanita 2 (2012)

Post in: Entrepreneurship