• Facebook
  • Linkedin
  • Google
Maya
by on February 23, 2020
42 views

Estubizi X MailTarget.co

Salah satu bagian tersulit dalam mengembangkan bisnis adalah menjaga hubungan baik dengan pelanggan Anda. Menjaga hubungan baik dengan pelanggan ini penting jika Anda ingin mempertahankan bisnis. Automation memungkinkan Anda mengoptimalkan customer retention dengan memberikan pesan yang lebih personal untuk pelanggan.

Email automation selalu menjadi topik yang menarik bagi digital marketer. Namun dalam beberapa tahun terakhir, email automation mendapat perhatian lebih karena kemampuannya yang luar biasa untuk menyediakan interaksi yang efisien. Dengan pergeseran ke arah komunikasi yang lebih personal, email automation menawarkan solusi bagi bisnis yang ingin meningkatkan upaya retensi dalam skala besar. Lalu, bagaimana caranya untuk meningkatkan customer retention dengan email automation?

1. Awali dengan berhubungan pada pelanggan

Menggunakan email automation untuk menyambut pelanggan baru dan subscriber adalah cara yang baik untuk membuat kesan pertama. Mulailah dengan membuat alur kerja untuk mengirim email selamat datang ke pelanggan baru. Kemudian, Anda dapat memasukkan konten seperti ucapan terima kasih pada mereka karena telah menjadi pelanggan. Banyak calon lead yang berlangganan sebenarnya melihat terlebih dahulu apakah ada ucapan selamat datang. Jangan lewatkan kesempatan ini untuk mulai membangun kepercayaan dan loyalitas dari interaksi pertama Anda.

2. Meningkatkan proses penjualan

Automation dapat membantu memperbaiki proses penjualan. Mengirim email otomatis ke leads dengan informasi yang bermanfaat dalam proses penjualan akan memandu leads pada funnel. Dengan teknik ini, akan tercipta pengalaman yang lebih tersegmen dan reaktif terhadap perilaku pelanggan Anda. ada baiknya untuk tidak mengirim email yang berfokus pada konversi, buat kesan pertama yang lebih baik dari sekadar konversi.

3. Tindak lanjut dari troli yang ditinggalkan

Gunakan email automation untuk mengingatkan pembeli bahwa ada produk yang menunggu mereka dan berikan insentif kepada mereka untuk kembali. Email otomatis dapat berupa menawarkan diskon promosi, menyarankan produk terkait, memberikan informasi pengiriman, atau memberikan informasi kontak layanan pelanggan. Customer retention adalah tentang membuat pelanggan melakukan pembelian berulang. Menindaklanjuti troli yang ditinggalkan dapat menjadi cara untuk meningkatkan retensi.

4. Pertahankan kontak

Email adalah media yang sempurna untuk membina hubungan dengan pelanggan karena itu kurang mengganggu dibandingkan panggilan telepon dan lebih efektif daripada surat atau bentuk promosi lainnya. Kontak yang berkelanjutan ini akan mendorong loyalitas perusahaan dan meningkatkan hubungan dengan pelanggan.

Itulah keempat hal yang dapat dilakukan email automation untuk meningkatkan pelanggan Anda.

(Artikel ini telah dipublikasi MailTarget.co pada 11 Februari 2019 https://blog.mtarget.co/email-automation-untuk-meningkatkan-customer-retention/)