• Facebook
  • Linkedin
  • Google
Maya
by on February 14, 2020
28 views

Estubizi X MailTarget.co

Istilah marketing content atau konten pemasaran mungkin sudah tidak lagi asing di kepala kita. Sebagai pengingat, marketing content adalah pendekatan strategi marketing yang berfokus membuat dan mendistribusikan nilai, relevansi, dan konten, untuk menarik dan mempertahankan pelanggan. Atau lebih spesifiknya untuk mendapatkan keuntungan dari pelanggan yang profitable. Bisnis dari marketing content sendiri bisa dilakukan dengan cara berbagi soal pengetahuan, hiburan, atau pun informasi yang menambah wawasan pelanggan.

Di Indonesia sendiri, ada beberapa jenis dari marketing content yang sering diaplikasikan oleh perusahaan, di antaranya adalah:

1. Artikel-artikel di blog

Artikel-artikel di blog milik perusahaan akan membantu meningkatkan traffic website dan berdampak pada makin dikenalnya website oleh orang-orang yang mengaksesnya. Artikel yang cenderung disenangi oleh orang-orang Indonesia biasanya artikel yang berisi tentang tutorial atau pengertian singkat mengenai istilah atau topik tertentu.

2. Social media marketing

Social media marketing memiliki banyak bentuk. Di Indonesia sendiri, bentuk dari social media marketing yang sering dipakai adalah feeds Instagram, video di Youtube, share link melalui Twitter atau pun Facebook dan sejenisnya. Jenis dari marketing content seperti ini lebih banyak menarik perhatian orang-orang sebab hampir semua orang di Indonesia memiliki media sosial.

3. Email

Marketing content dengan jenis email ini masih sering digunakan di Indonesia oleh perusahaan. Email dirasa efektif untuk mempertahankan dan menarik pelanggan. Dengan email juga, perusahaan dapat dengan rutin mempromosikan produknya.

4. Infografis

Kecenderungan orang-orang Indonesia yang tidak suka membaca terlalu banyak tulisan, menjadi alasan mengapa infografis disenangi. Selain data atau informasi yang ditunjukkan tidak terlalu banyak bacaan, adanya visualisasi berupa gambar tentu lebih menarik perhatian.

Marketing content bagi suatu perusahaan dapat dengan sukses diimplementasikan dengan mengikuti step-by-step seperti di bawah:

  • Ketahuilah persona segmentasi pembeli
  • Putuskan jenis dari konten apa yang sekiranya bisa mendapatkan pasar dan buatlah konten yang berkualitas dengan rutin
  • Promosikan konten melalui media sosial
  • Temukan cara untuk melibatkan pelanggan dalam marketing content yang dibuat
  • Ukur, uji coba, perbaiki dan berikan kemajuan, lalu ulangi
  • Cara terbaik untuk mengaplikasikan marketing content akan berimbas pada naiknya traffic, minat, bahkan pendapatan dari produk yang ditawarkan perusahaan Anda.


Tunggu apalagi, ayo tingkatkan keuntungan perusahaan Anda dengan marketing content.

(Artikel ini telah dipublikasi MailTarget.co pada 22 Oktober 2018 https://blog.mtarget.co/jenis-jenis-content-marketing-yang-dapat-digunakan/)