• Facebook
  • Linkedin
  • Google
Maya
by on February 14, 2020
16 views

Estubizi X MailTarget.co

Tidak dapat dipungkiri bahwa email memiliki ROI tertinggi diantara channel marketing lainnya. Selain itu, banyak kelebihan lain yang ditawarkan oleh email marketing. Karena itulah banyak bisnis dari berbagai bidang mulai menggunakannya, termasuk ecommerce baik itu di marketplace atau memiliki website tersendiri.

Sayangnya, kebanyakan pemilik toko online menggunakan email marketing hanya untuk mengirim email promosi saja. Padahal terdapat jenis email lain yang dapat memberikan hasil terbaik dari email marketing. Setidaknya terdapat 5 jenis email campaign selain email promosi yang dapat dikirim oleh pemilik toko online.

1. Informasi produk baru

Jika Anda memiliki produk baru, jangan sungkan untuk mengabarkannya kepada pelanggan. Email jenis ini akan mendorong pelanggan lama untuk kembali melakukan pembelian. Beberapa hal yang harus diperhatikan jika mengirim email seperti ini adalah tambahkan gambar dari produk baru dan pastikan untuk menambahkan link yang langsung menuju halaman produk tersebut.

2. Email newsletter

Beberapa subscriber mungkin akan merasa bosan jika newsletter yang diterima selalu berisi email promosi, jadi sebaiknya perbanyak jenis konten yang dikirim. Semisal Anda dapat menambahkan tips yang masih berhubungan dengan produk yang dijual.

3. Email review

Menampilkan review dari produk dapat menambahkan kepercayaan calon pelanggan terhadap toko Anda. Anda mengirimkan email untuk meminta review setelah seseorang membeli produk dan tampilkan review tersebut di website.

4. Win-back email

Win-back email dikirim kepada pelanggan yang pernah membeli produk tapi sudah lama tidak kembali melakukan pembelian. Berikan penawaran khusus pada email ini, misalnya dengan memberikan 20% diskon.

5. Birthday email

Setiap orang ingin mendapatkan perlakuan spesial di hari yang spesial. Inilah mengapa banyak perusahaan yang memberikan penawaran khusus untuk hari-hari tertentu, seperti hari ulang tahun. Anda juga tidak boleh melewatkan kesempatan ini. Ucapkan ulang tahun kepada pelanggan dan berikan penawaran khusus yang untuknya di hari yang spesial.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menambah keuntungan dari toko online yang dimiliki salah satunya dengan mengirim 5 jenis email campaign di atas. Jadi, sekarang saatnya mulai meninjau ulang email apa saja yang sebaiknya dikirim kepada subscriber Anda.

(Artikel ini telah dipublikasi MailTarget.co pada 16 Oktober 2018 https://blog.mtarget.co/5-jenis-email-campaign-yang-harus-dikirim-oleh-pemilik-toko-online/)