• Facebook
  • Linkedin
  • Google
Mazda Radita
by on March 7, 2019
95 views

Estubizi X DailySocial.id

Salah satu kekuatan saluran pemasaran adalah memungkinkan Anda berbuat lebih banyak dengan traffic yang sudah Anda miliki. Pada dasarnya sebuah saluran pemasaran adalah sebuah jalan yang Anda inginkan sebagai jembatan bagi pengguna atau pengunjung untuk sampai ke situs Anda dan pada akhirnya bisa menghasilkan berbagai macam konversi. Disebutkan dalam sebuah artikel, seorang ahli pemasaran biasanya memiliki kemampuan untuk membimbing pengunjung ke dalam saluran pemasaran tanpa disadari. Berikut beberapa cara terbaik untuk melakukan hal itu.


Meminimalkan jumlah langkah

Semakin sedikit langkah yang harus dilalui melalui saluran pemasaran Anda, semakin mudah untuk menjaga pengunjung Anda hingga ke tahap akhir konversi. Jika kualitas data pengguna yang Anda kumpulkan menunjukan bahwa saluran pemasaran Anda kurang efektif dalam mengarahkan pengunjung melalui setiap langkah, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari apakah ada langkah yang mungkin bisa dihilangkan.

Bisa juga diartikan menghilangkan salah satu langkah dalam saluran pemasaran Anda berarti lebih sedikit kesempatan Anda kehilangan pengunjung. Gunakan data yang Anda kumpulkan untuk memastikan setiap langkah dalam saluran pemasaran Anda benar-benar penting. Pastikan Anda menanyakan pertanyaan seperti, apakah ada langkah opsional yang bisa dihilangkan, digabung menjadi satu dan sebagainya.


Mengidentifikasi Logjam

Logjam dalam saluran pemasaran sama halnya dengan istilah logjam dalam kehidupan nyata. Kondisi di mana pengunjung Anda terjebak dan tidak dapat berbuat banyak untuk melangkah ke langkah selanjutnya. Ketika ini terjadi pengunjung cenderung keluar dari situs Anda tanpa pernah mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya.

Secara praktis, logjam dalam saluran pemasaran Anda alah sebuah langkah yang tidak efektif dan efisien. Mungkin sebuah langkah yang membingungkan pengunjung, atau meminta informasi yang sebelumnya telah diberikan pengunjung. Bagaimana pun bentuknya ini akan membuat pengunjung “lari” dan akhirnya mengurangi konversi.

Ketika menganalisis data pengguna situs Anda perhatikan dengan cermat persentase pengguna dari langkah ke langkah dalam saluran pemasaran Anda. Jika Anda melihat adanya penurunan yang drastis, segera ambil tindakan untuk misalnya menghapus atau memperbaiki langkah sebelum lebih banyak pengunjung yang meninggalkan situs Anda.


Ubah satu hal, uji semuanya

Satu aturan yang cukup sederhana untuk memelihara saluran pemasaran agar lebih baik adalah setiap Anda berubah satu hal Anda harus mengujinya secara keseluruhan. Seringnya perubahan di salah satu titik atau langkah bisa berpengaruh pada langkah yang lain. Satu-satunya cara untuk mengetahui saluran pemasaran Anda tetap bekerja dengan baik setelah terjadinya perubahan adalah menguji setiap langkah di saluran pemasaran setiap ada perubahan. Meski pun itu hanya beberapa.


Gabungkan strategi konten Anda dengan saluran pemasaran

Strategi pemasaran konten dan saluran pemasaran Anda bukan sesuatu yang berdiri masing-masing. Keduanya bisa digabungkan menjadi satu. Bahkan strategi pemasaran konten Anda bisa menjadi pendukung terbesar saluran pemasaran Anda.

Perhatikan setiap detil strategi pemasaran konten Anda. Pasalnya melalui itu Anda bisa mengarahkan langsung pengguna Anda ke saluran pemasaran Anda. Terkadang pengguna tidak harus runtut mengikuti langkah yang sudah Anda siapkan. Mereka bisa langsung berada di beberapa langkah di depan, meskipun tetap bermula dari konten Anda.


Ketahui dengan pasti pengguna Anda

Satu hal penting yang pasti ada di berbagai macam tips optimalisasi pengguna adalah kenali pengguna Anda. Kebutuhan dan karakteristik pengguna adalah hal wajib yang harus dipahami oleh pelaku bisnis mana pun. Bisa dikatakan kebutuhan pengguna adalah dasar dari strategi pemasaran.

Jika Anda mengalami kesulitan memahami data dari pengguna Anda bisa berinvestasi lebih pada visualisasi data. Analisis data pengguna akan sangat membantu Anda mengetahui karakteristik pengguna Anda. Jadi, jauh sebelum Anda memikirkan persaingan, Anda harus kenali dengan pasti seperti apa pengguna Anda.

 

(Artikel ini ditulis Prayogo Ryza dan telah dipublikasi DailySocial.id pada 9 Januari 2016 dalam tautan https://dailysocial.id/post/beberapa-cara-optimasi-saluran-pemasaran-anda)