• Facebook
  • Linkedin
  • Google
Mazda Radita
by on February 28, 2019
125 views

Estubizi X DailySocial.id

Dalam menjalankan bisnis, ada fakta yang jelas yakni produk hebat saja tidak cukup untuk berhasil. Fakta lainnya, strategi pemasaran yang dilakukan secara besar-besaran tidak akan serta merta membuat produk buruk bisa meraih pengguna. Startup sukses mengharuskan Anda memiliki keduanya: produk hebat dan pemasaran yang baik.

Oke, sekarang Anda sudah punya produk yang menurut Anda hebat. Kemudian, bagaimana bisa mendapat strategi pemasaran yang tepat supaya produk ini mampu meraih sukses?

Nah, berikut ini adalah tips yang diberikan Justin McGill dari Workado. Ada empat tahapan fundamental penting yang harus Anda pahami untuk bisa mendapat strategi pemasaran yang efektif bagi startup Anda. Panduan ini tidak perlu dilakukan secara tepat berurutan, jangan ragu untuk melompat ke bagian yang cocok dengan kondisi startup Anda saat ini.


Tahap Pertama: Membangun Pondasi Dasar

Untuk startup tahap awal, mendapat umpan balik lebih penting daripada pelanggan. Semakin cepat Anda dapat mengatasi keberatan yang akan datang dari pelanggan, dan meningkatkan produk untuk memenuhi permintaan pasar, semakin besar kemungkinan Anda untuk sukses ke depannya.

Perhatikan aspek penting dari meletakkan dasar bagi strategi pemasaran yang agresif:


1. Viral Marketing dan Growth Hacking

Banyak di antara kita percaya bahwa pemasaran hanya untuk produk yang jelek. Argumennya, produk-produk hebat seperti Dropbox, Hotmail, Eventbrite, Mailbox, dan Snapchat mampu meraih jutaan pengguna dengan hampir tidak mengeluarkan uang untuk pemasaran. Tetapi itu tak sepenuhnya benar, karena mereka punya strategi pemasaran sendiri. Rahasia mereka? Membangun virality ke dalam produk mereka yang bersandar kepada dua variabel penting ketepatan waktu dan “Koefisien Viral” (setiap pengguna menghasilkan satu pengguna baru).


2. Optimisasi konversi

Optimasi tingkat konversi (CRO) adalah ilmu penting untuk memahami alasan pengunjung Anda tidak menjadi pelanggan. Cara tercepat untuk memahami pelanggan potensial adalah untuk bertanya langsung kepada mereka.

Pasanglah perangkat chat ke dalam situs Anda, yang memungkinkan Anda untuk berbicara secara real time dengan pengunjung situs. Cara lainnya adalah meminta pengunjung untuk mengisi survei menggunakan Survey Monkey. Biasanya, Anda perlu mengimingi insentif. Hal ini harus dilakukan dengan berkesinambungan, Anda harus berusaha untuk terus mengubah dan meningkatkan situs Anda. Pada saat yang sama, Anda juga harus berani dan menguji sesuatu yang sangat berbeda.


3. Facebook Advertising: Menemukan khalayak dengan menggunakan segmentasi

Kebanyakan orang berpikir iklan Facebook adalah saluran akuisisi agar pelanggan bisa melakukan pendaftaran. Yang benar adalah, bahwa Facebook salah satu alat terbaik untuk melakukan penelitian terhadap calon pelanggan. Anda dapat melihat demografi dan psikografis yang memiliki tingkat konversi tertinggi pada layanan Anda.


4. Umpan balik dan alasan produk diluncurkan

Salah satu aset yang paling penting adalah umpan balik dan langsung tanggap membuat perbaikan-perbaikan. Jika Anda ingin menginspirasi seseorang untuk bertindak, Anda harus mulai menjelaskan alasan Anda melakukan hal yang Anda lakukan saat ini.

Apple adalah contoh yang bagus dari sebuah perusahaan yang menjual “mengapa”. Apple menantang status quo dengan segala sesuatu yang mereka lakukan – MacBook, iTunes, dan iPads.


Tahap Kedua: Iklan berbayar

Ada pemikiran yang mengatakan bahwa startup harus menghabiskan sesedikit mungkin untuk divisi pemasaran. Pemikiran ini tidak sepenuhnya benar. Idealnya, pemasaran harus fokus pada ROI (return on investment). Jika saluran media yang dibayar bisa menguntungkan, bayarlah. Alasan lain untuk menggunakan iklan berbayar adalah hal ini akan berfungsi sebagai patokan untuk membandingkan aktivitas pemasaran lainnya.

Saluran iklan berbayar dapat dikelompokkan kepada tiga kategori besar: tampilan, pencarian, dan pemasaran afiliasi.

Iklan Facebook terbukti banyak menuangkan hasil, bekerja dengan menggunakan halaman posting yang menargetkan orang di feed berita. Iklan ini memiliki tingkat klik dan keterlibatan tertinggi. Jangan membuat iklan menggunakan Pengelola Iklan Facebook, hasilnya belum tentu cocok dengan Anda.

Uji variasi iklan sebanyak mungkin, dengan menggunakan segmentasi pasar. Anda dapat membagi kampanye iklan ke puluhan atau ratusan iklan yang bersifat individu ke segmen tertentu dari audiens Anda. Hal ini memungkinkan Anda dengan cepat melihat segmen iklan yang paling baik, sehingga Anda dapat memindahkan anggaran untuk segmen yang paling menguntungkan.

Jika produk Anda memecahkan masalah yang dicari orang, misalnya jika startup Anda membantu orang menemukan tiket pertunjukan termurah, kemungkinan besar Google AdWords (Search) akan menjadi saluran akuisisi. Sedangkan Google Adwords (Display) memungkinkan Anda untuk membeli iklan banner. Anda dapat menentukan situs iklan banner Anda muncul di situs yang berkaitan dengan kata kunci tertentu.

Reddit sering diabaikan sebagai saluran pemasaran berbayar sebab hasil yang dirasakan orang-orang sangat bervariasi. Tetapi Reddit merupakan saluran iklan yang sangat murah dan bisa digunakan sebagai alat pengujian. Iklan Reddit bekerja dengan menjalankan iklan di bagian atas setiap subreddit. Setiap subreddit memiliki komunitas yang sangat berbeda. Ini adalah tempat yang bagus untuk mendapatkan umpan balik yang jujur.

Google Remarketing juga layak dicoba. Pada dasarnya, ketika seseorang mengunjungi situs Anda, mereka akan meninggalkan jejak (cookie) di komputer mereka. Ketika mereka mengunjungi situs-situs lain, iklan akan muncul mendorong mereka untuk kembali ke situs Anda.

Google Remarketing sangat efektif untuk orang-orang yang sudah menyadari produk Anda. Facebook Exchange juga bekerja dengan cara yang sangat mirip dengan Google Remarketing, tetapi menggunakan iklan Facebook sebagai gantinya. Dengan kata lain, seseorang mengunjungi website Anda, ketika mereka mengakse Facebook, mereka akan menemukan iklan Anda mendorong mereka untuk datang kembali.

Untuk Twitter, iklannya cenderung cukup efektif bila dilakukan dengan benar. Promosikan konten-konten menakjubkan lebih dulu ketimbang langsung mempromosikan layanan Anda.

Terakhir, jika startup Anda telah memproduksi sebuah video promo yang menarik. Anda dapat membayar untuk memunculkan video sebagai sebuah iklan pada jaringan video utama, seperti 4oD dan YouTube.


Tahap Ketiga: Media

Dalam pemasaran online, Media adalah bentuk yang paling hemat biaya, kredibel, dan berkelanjutan. Tetapi ini juga yang paling sulit untuk diukur. Tetapi Anda bisa membangun trust untuk produk dan layanan Anda melalui channel ini.

Jika Anda ingin mendapatkan manfaat dari pemasaran dari mulut ke mulut dan menarik minat pers, Anda harus memberi mereka sesuatu yang luar biasa. Saran terbaik adalah untuk membaca buku Edward De Bono yang berjudul Lateral Thinking untuk mencari inspirasi.


Tahap Keempat: Memiliki media marketing sendiri

Blog juga bisa efektif untuk bisa meraih konversi. Tetapi ini tidak mudah, banyak perusahaan gagal, sebab blog mereka berisi hal yang mereka inginkan untuk dibaca, bukan menulis tentang hal yang menarik buat pelanggan. Alih-alih berisi tentang layanan Anda, ciptakan blog yang sarat wawasan. Jika Anda ingin membuat blog yang benar-benar sukses, Anda harus menyajikan setidaknya 100 artikel yang bagus. Hal ini akan mendongkrak traffic ke situs Anda.

Tips berikutnya adalah menjadikan saluran video sebagai mesin pencari. Kita jarang memikirkan YouTube sebagai mesin pencari, tetapi ternyata di Youtube ada lebih dari 50.000.000 pencarian yang dilakukan setiap hari.

Terakhir, adalah dengan membangun Kehadiran di Twitter, Facebook, Instagram, dan jaringan sosial lainnya. Seperti pemasaran email, jaringan sosial memberikan kesempatan besar untuk meluncurkan konten dan mendorong pelanggan potensial untuk menggunakan layanan Anda. Jaringan sosial juga memberikan kesempatan besar untuk mengumpulkan umpan balik, membangun hubungan, dan menambah kredibilitas layanan Anda.

 

(Artikel ini ditulis Hesti Pratiwi dan telah dipublikasi DailySocial.id pada 19 Juni 2015 dalam tautan https://dailysocial.id/post/empat-tahap-utama-menemukan-strategi-pemasaran-tepat-sasaran)

Be the first person to like this.