• Yahoo
  • Google
  • Live
Mazda Radita
by on February 13, 2019
62 views

Estubizi X DailySocial.id

Kejenuhan dalam bekerja dan kurangnya istirahat bisa berakibat buruk bagi kondisi pikiran dan tubuh. Biasanya selain kelelahan para pekerja sering terhinggap masalah stres. Sesuatu yang bisa berimbas buruk pada produktivitas kerja dan kreativitas berkarya. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meminimalkan stres.


Ketahui bahwa Anda terjangkit stres

Stres bisa kurangi atau diantisipasi jika Anda mengetahui terlebih dulu apakah stres itu dan apakah Anda sudah terjangkit stres. Mulai pikirkan apa yang Anda lakukan dalam waktu seminggu terakhir, seberapa produktifkah Anda. Lakukan evaluasi. Jika perlu cerita ke orang-orang terdekat atau konsultasi ke pakar tentang apa yang Anda lakukan. Itu cara terbaik untuk mengetahui kondisi Anda.


Tidur yang cukup

Jika Anda sudah mulai merasakan tidak fokus dalam bekerja dan kurang produktif mungkin Anda bisa mengambil langkah sederhana, tambah jam tidur. Kurangi lembur atau begadang hingga larut malam. Gunakan waktu liburan dengan mengistirahatkan tubuh dan pikiran Anda. Lakukan sesuatu yang membuat Anda bahagia, nyaman, dan membuat pikiran Anda tenang untuk bisa kembali produktif dan lepas dari stres.


Jadwalkan liburan teratur

Salah satu cara untuk melepas stres yang paling populer adalah liburan. Sejenak mengesampingkan pekerjaan dan menikmati liburan menjadi salah satu solusi. Mungkin dengan menghirup udara segar di pegunungan, berjemur di pantai, atau hanya bersantai di pedesaan. Jika hal itu manjur untuk Anda, jadwalkan secara teratur, tapi juga jangan terlalu sering.


Makanan dan minuman yang sehat

Cara lain untuk bisa mengurangi stres adalah memperhatikan pola makan dan minum Anda. Perhatikan apakah makanan yang Anda makan sehat atau tidak. Begitu juga minuman. Makanan dan minuman yang sehat bisa membuat Anda fresh karena nutrisi dan vitamin yang terkandung. Ini juga bisa menjadi cara untuk memulai menyayangi tubuh Anda.


Olahraga dan meditasi

Liburan terlalu mahal atau berat dari segi waktu Anda bisa menggantinya dengan olahraga dan meditasi secara teratur. Ini bisa membantu Anda tenang dan relaks. Lakukan ini secara teratur agar tubuh dan pikiran Anda selalu fresh di awal pekan.


Penjadwalan yang baik

Cara terakhir yang bisa Anda coba untuk mengurangi stres adalah melakukan penjadwalan yang baik untuk apa pun pekerjaan yang Anda lakukan. Dengan komitmen yang tinggi sesuai jadwal Anda bisa mengatur bagaimana ritme kerja Anda, bagaimana Anda menyikapi pekerjaan Anda.

 

(Artikel ini ditulis Prayoga Ryza dan telah dipublikasi DailySocial.id pada 22 Maret 2017 dalam tautan https://dailysocial.id/post/kiat-membebaskan-diri-dari-stres-akibat-pekerjaan)

Posted in: Leadership
1 person likes this.