Mazda Radita
by on December 27, 2018
27 views

Estubizi X DailySocial.id

Tidak terasa tahun baru sudah tinggal menghitung hari, waktunya untuk melakukan evaluasi target dan rencana yang telah dicapai sepanjang tahun ini dan merencanakan apa yang akan dilakukan tahun depan. Sebagai perusahaan rintisan, awal tahun baru bisa dimanfaatkan untuk melakukan scale up, mulai dari menambah inovasi, pindah kantor baru, merekrut lebih banyak karyawan hingga menentukan ke mana rencana bisnis perusahaan ke depannya. Artikel berikut ini akan membahas 5 cara yang baik dilakukan startup di awal tahun yang baru.


Tuliskan rencana dan tampung masukan dari rekan

Tentunya akan menjadi sia-sia jika Anda pemilik startup tidak memiliki rencana dan target yang ingin dicapai tahun depan. Untuk itu coba tuliskan rencana, harapan dan semua target yang ingin dicapai oleh Anda sebagai pemilik perusahaan untuk startup. Coba ceritakan rencana tersebut kepada rekan, di luar pegawai atau co-founder, dan coba tampung feedback dari pihak keluarga untuk kemudian menjadi masukan untuk Anda.


Keluar dari zona aman

Jika saat ini startup milik Anda sudah cukup memiliki profit dan menjalankan rutinitas yang ada, coba koreksi dan rubah target serta pencapaian yang ingin diraih lebih tinggi lagi. Keluar dari zona aman yang selama ini cukup nyaman Anda jalankan, demi memperoleh keuntungan dan prestasi yang lebih untuk startup.


Tumbuhkan rasa loyalitas karyawan

Sebagai pimpinan yang baik Anda harus memiliki kemampuan untuk mencermati kemampuan dan skill yang dimiliki oleh masing-masing karyawan Anda. Berikan tugas yang sesuai dengan latar belakang dan kemampuan yang dimiliki dan biakan karyawan Anda menjalankan tugasnya. Dengan menerapkan cara ini bukan hanya Anda sebagai pemimpin akan mendapatkan hasil yang diinginkan namun juga membuat karyawan Anda lebih bahagia.


Monitor rencana yang ada

Salah satu kesalahan yang kerap dilakukan oleh pemilik startup adalah, tidak melakukan pengecekan atau memonitor setiap minggu atau bulan rencana bisnis yang telah dijalankan. Apakah rencana yang telah dibuat selama 12 bulan ke depan sudah dilakukan atau terpaksa tertunda karena berbagai alasan, jangan pernah lupa untuk menuliskan laporan terkait perkembangan yang ada.


Nikmati pekerjaan yang ada

Salah satu kunci kesuksesan sebuah startup atau perusahaan teknologi ternama di dunia adalah, kecintaan serta rasa puas dan bahagia yang dimiliki oleh pimpinan hingga karyawan selama mengerjakan tugas yang diberikan. Jika karyawan Anda happy dengan tugas yang dibebankan, bisa dipastikan semua pekerjaan akan memberikan hasil yang baik dan sesuai dengan target yang ditentukan. Untuk itu upayakan selalu menikmati semua tugas dan pekerjaan yang ada, agar perusahaan bisa berjalan secara positif.

 

(Artikel ini ditulis Yenny Yusra dan telah dipublikasi DailySocial.id pada 29 Desember 2016 dalam tautan https://dailysocial.id/post/lima-hal-yang-wajib-diterapkan-startup-jelang-tahun-baru)

Posted in: Startups